PortalMadura.com

FKPU Jadikan Kekuatan Ekonomi Yang Handal

  • Sabtu, 1 November 2014 | 11:55
FKPU Jadikan Kekuatan Ekonomi Yang Handal
Tari Muang Sangkal Mengawali Pembukaan FKPU di Sumenep
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Asisten Kesejahteraan Rakyat (Asisten III) Pemprov Jatim, Dr H Ashar MM mengungkapkan, pelaksanaan  Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) mempunyai nilai yang strategis yang harus dikembangkan agar mampu menciptakan peluang baik ditingkat nasional maupun tingkat internasional.

“Harus ada penikmat yang peka, kritis dan peduli terhadap kesenian pesisir utara. Sehingga menjadi kekuatan ekonomi yang handal, umumnya di Jawa Timur dan khususnya bagian pesisir utara,” tegas Ashar dalam pembukaan FKPU di Sumenep mewakili Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim, Jumat (31/10/2014) malam.

Menurut dia, ada dua hal pokok penting yang menjadi kunci sukses pelaksanaan Festival Kesenian Pesisir Utara yakni kreativitas dan moralitas. Tanpa kreativitas akan ketinggalan, tanpa moral akan rusak. “Kreativitas dan moral jadikan landasan, maka akan menjadi pelopor yang handal,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar harus mampu mendorong para pelaku seni agar terus meningkatkan kreativitasnya, sehingga mampu membangun daya saing yang kuat. Kearifan lokal  (local wisdom)harus terbentuk dan dibangun untuk menjadi unggulan seni-budaya. “Bangsa yang hebat tidak akan meninggalkan kearifan lokal,” tandasnya.

Baca Juga:  Mengejutkan, Ultah Rektor Unija Spontan Dirayakan Warga Kampus

Pembukaan FKPU

Pembukaan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2014 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berlangsung meriah. Turut Hadir dalam acara tersebut, Asisten Kesejahteraan Rakyat (Asisten III) Pemprov Jatim Dr H Ashar MM, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto dan Bupati Pamekasan Achmad Syafii serta Bupati Sumenep A Busyro Karim selaku tuan rumah.

Ketua Panitia FKPU 2014, Dra Hartani mengungkapkan, tujuan digelarnya FKPU merupakan sarana untuk meningkatkan produktifitas, kreatifitas para pelaku seni serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni-budaya, khususnya pesisir utara.

“Ada 14 kabupaten/kota yang ikut dalam FKPU 2014 yang digelar di Sumenep ini,” terang Hartani dalam sambutannya, Jumat malam (31/10/2014).

Materi kegiatan FKPU, sambungnya, berupa pagelaran kesenian daerah, Seni pertunjukan, dan kesenian etnik yang masih hidup dan berkembang di daerah masing-masing kabupaten/kota.

Baca Juga:  Terpasang 1 APK, Panwaslih Saronggi Luncurkan Rekomendasi

Selain itu, juga kerajinan kreatif dan produk unggulan daerah, serta pameran musieum. “Ada juga parade seni budaya, arak-arakan, tari-tarian, dan fashion secara kolosal serta sarasehan budaya,” katanya.

FKPU tahun 2014 bakal berlangsung dari tanggal 31 Oktober sampai tanggal 2 November. FKPU tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke 8. Dan tahun depan akan ditempatkan di Kabupaten Situbondo.

Sedangkan Kabupaten/kota yang ikut dalam FKPU 2014 meliputi, Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Tuban, Lamongan, Gersik, Kota Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Situbondo.(htn)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional