FPBN-FAM Gelar Lomba Cipta Cerpen untuk Pelajar dan Mahasiswa

Avatar of PortalMadura.Com
Ist. Efri S. Bahri, Panitia Pelaksana
Ist. Efri S. Bahri, Panitia Pelaksana

 PortalMadura.Com, Jakarta – Forum Pemuda Bangun Negeri (FPBN) bekerjasama dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menyelenggarakan dengan tema “Mengejar Impian Meraih Cita-Cita” yang dikhususkan bagi peserta kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ketua Pelaksana Lomba, Efri S. Bahri, Kamis (14/8), menyebutkan, selain bermitra dengan FAM Indonesia, lomba ini juga didukung oleh Mitra Peduli Indonesia (MPI) dan Syuruq Media.

Menurut Efri, sebagai seorang pelajar dan mahasiswa tentu memiliki impian dan cita-cita. Impian dan cita-cita itu akan menjadi magnet penuntun agar impian tercapai. Untuk mewujudkan impian dan cita-cita itu, maka setiap orang memiliki cara dan tips sendiri.

“Lomba ini dalam rangka menumbuhkan budaya menulis di kalangan pelajar dan mahasiswa,” kata Efri dalam rilisnya yang diterima Redaksi PortalMadura.Com, Kamis (14/8/2014).

Adapun syarat lomba, sebut Efri, peserta adalah pelajar atau mahasiswa yang dibuktikan dengan melampirkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa saat mengirimkan tulisannya. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis di manapun.

Panjang naskah minimal 3 (tiga) halaman dan maksimal 5 (lima) halaman dengan 2 (dua) spasi. Tulisan ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Selain itu, tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto, menuliskan biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di lembar terakhir tulisan. Naskah harus sesuai tema dan dikirim ke email: [email protected] (selambat-lambatnya tanggal 29 September 2014). Selain pemenang utama, 50 cerpen nominator berpeluang dibukukan.

Dewan juri terdiri dari Instruktur Nasional FPBN. Sebagai tanda apresiasi, FPBN menyediakan hadiah untuk pemenang Juara 1 berupa Uang Tunai Rp200.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan, Juara 2: Uang Tunai Rp150.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan, dan Juara 3 Uang Tunai Rp100.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan.

Forum Pemuda Bangun Negeri (FPBN) adalah lembaga sosial yang concern dalam pengembangan potensi sumberdaya pemuda dan masyarakat. FPBN dirintis sejak 14 Agustus 2013 dengan visi menjadi wadah pemuda dalam mengembangkan kapasitas bertaraf internasional dan berbudi pekerti luhur.

Dalam setiap kegiatannya, FPBN menggunakan pendekatan partisipatif dan berbasis sumberdaya lokal serta menjalin sinergi dengan berbagai stakeholders strategis baik lokal, nasional dan internasional. (rel/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.