Gaji Tak Naik Meski Sudah Kerja Keras? Ini 3 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Gaji Tak Naik Meski Sudah Kerja Keras? Ini 3 Penyebabnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap pegawai atau pekerja pasti akan merasa sangat senang ketika gajinya naik. Karena, hal tersebut menjadi obat setelah apa yang dikerjakannya setiap hari.

Bagaimana tidak, berbagai kebutuhan yang semakin hari semakin banyak tentunya mengharapkan upah atau naik untuk mengatasinya. Tidak hanya itu, Anda tentu tidak mau jika Anda jalan di tempat. Saat teman sudah berada di puncak, tapi Anda masih dalam posisi itu saja.

Namun bagaimana jika kenyataan berbanding terbalik dengan harapan?. Meski sudah pergi pagi pulang pagi, karier dan penghasilan tetap jalan di tempat atau tidak naik. Kalau Anda merasakan hal yang sama, bisa jadi Anda melewatkan beberapa hal yang sebenarnya sangat penting dan berpengaruh terhadap lompatan karier Anda. Berikut penyebabnya:

Tidak Pernah Minta Kenaikan Gaji
Kalau Anda menunggu bos sadar untuk menaikkan gaji, jangan heran kalau lima tahun bekerja gaji Anda hanya naik sedikit-pun. Bos bukan hanya mengurusi Anda seorang. Jadi Anda harus punya inisiatif untuk mengajukan kenaikan.

Tapi dengan catatan, misalnya selama ini Anda memang selalu mengerjakan tugas dengan baik atau bahkan karyawan berprestasi. Semakin bagus kinerja Anda, semakin besar kemungkinan pengajuan kenaikan gaji dikabulkan.

Tidak Dekat dengan Bos
Jangankan punya keberanian untuk minta naik gaji, dengan bos saja tidak dekat. Merasa seperti ini?. Kalau begitu, mulailah untuk sedikit cari muka di hadapan bos.

Cari muka di sini tentu saja konteksnya positif. Misalnya Anda berinisiatif mengambil tugas yang bukan tanggung jawab Anda, atau Anda selalu menawarkan ide-ide unik saat meeting pagi.

Kalau selama ini Anda jarang ngobrol dengan bos, mulailah dengan basa-basi meminta pendapatnya tentang hasil kinerja Anda. Bisa juga dengan menanyakan bagaimana kabar keluarganya, atau pengalamannya sebelum bekerja di perusahaan yang sekarang.

Selama Anda masih bekerja untuk orang lain, hubungan baik dengan bos adalah keharusan, karena dialah yang memegang penilaian Anda.

Tidak Layak
Jangan-jangan penyebab Anda tidak kunjung naik gaji adalah karena Anda memang tidak layak. Misalnya Anda sering datang terlambat, selama bekerja mengerjakan yang itu-itu saja alias senang di zona nyaman, atau jarang mencapai target.

Hal-hal tersebut membuat Anda jadi kurang menonjol. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan multinasional yang punya ratusan bahkan ribuan karyawan.

Selama bekerja, Anda harus punya target. Jika Anda sudah bekerja tiga tahun tapi gaji hanya naik 10-20 persen dari gaji awal atau tidak naik sama sekali, Anda wajib mengevaluasi diri sendiri. Kenaikan gaji setiap tahun adalah hal lumrah untuk mengimbangi inflasi.

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan pun semakin bertambah. Lakukan perubahan pada hidup Anda sekarang juga. Tetap semangat dan semoga bermanfaat. (merdeka.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.