Galang Tanda Tangan, Duta Perdamaian Madura Peringati Hari Toleransi Internasional

Avatar of PortalMadura.Com
Galang Tanda Tangan, Duta Perdamaian Madura Peringati Hari Toleransi Internasional
Duta Perdamaian Madura

PortalMadura.Com, , memperingati Hari Toleransi Internasional di bundaran alun-alun Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (16/11/2015) sore.

Para pemuda dan pemudi terlihat menggalang tanda tangan tolak intoleransi kepada setiap mengunjung. Aksi tersebut mendapat respon postif dari anak-anak sampai orangtua.

Mereka ikut membubuhkan tanda tangan pada kain bertuliskan “Kami Menolak Intoleransi”. Masyarakat umum tersebut juga diberi stiker dan pin perdamaian.

Belasan pemuda itu, juga menampilkan aksi teatrikal. Salah satunya, membaca puisi perdamaian dan mengundang perhatian para pengunjung Taman Bunga (Jantung kota Sumenep).

Anggota Duta Perdamaian Madura, M Kamil Akhyari mengatakan, aksi penggalangan tanda tangan dalam usaha mengingatkan masyarakat agar senantiasa memelihara perdamaian.

“Aksi ini bertujuan untuk menggalang perdamaian yang saat ini mulai sirna. Beberapa hari lalu, kita dikejutkan dengan bom yang meledak di Paris. Duta Perdamaian Madura mengutuk hakl itu dan mengajak masyarakat untuk menjaga perdamaian agar tidak pecah,” katanya.

Menurutnya, intoleransi adalah awal dari perpecahan dan konflik. Oleh karenanya perlu selalu dilakukan pencegahan sekalipun di Kabupaten Sumenep belum ada indikasi.

“Aksi kami bagian preventif untuk mewujudukan perdamaian,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, pada 9 Desember 2015, Kabupaten Sumenep akan menggelar pemilihan kepada daerah yang kerap disertai dengan perpecahan, karena perbedaan dukungan dan pilihan.

“Mari jangan gadaikan perdamaian karena hanya perbedaan selera politik,” tegasnya.

Ia berharap, agar masyarakat Madura, lebih-lebih Sumenep, tak mudah terprovokasi, sehingga tidak mudah terpecah belah yang pada akhirnya akan melakukan tindakan-tindakan intoleran. “Semoga masyarakat selalu bijak dalam bertindak,” pungkasnya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.