Gara-gara BOS Tak Cair, Kepala Sekolah Lelang Motor Pribadi

Avatar of PortalMadura.Com
Gara-gara BOS Tak Cair, Kepala Sekolah Lelang Motor Pribadi
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Gara-gara bantuan operasional (BOS) tidak kunjung cair, kepala sekolah madrasah ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur terpaksa melelang motor milik pribadi untuk membayar gaji guru.

Kepala sekolah MI Taufiqus Syibyan Desa Talango, Kecamatan Proppo, Ach Faqih mengatakan, sejak Januari hingga Mei 2015, BOS yang seharusnya diterima setiap bulan tidak ada kejelasan. Padahal, kebutuhan operasional sekolah setiap harinya membutuhkan biaya besar, lain lagi dengan gaji guru setiap bulan.

“Saya sebagai kepala sekolah merasa bertanggung jawab dan prihatin terhadap lembaga pendidikan di Pamekasan, terutama di tingkat MI. Sampai sekarang tidak ada tanda- tanda kapan BOS ini akan dicairkan, sehingga kami terpaksa menggadaikan motor satu-satunya milik saya ini,” keluhnya, Kamis (7/5/2015).

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan perihal masalah tersebut. Baik secara kelembagaan atau pribadi, akan tetapi usaha itu tidak mendapatkan respon positif.

“Hasil komunikasi terakhir dengan Kemenag katanya harus mengunggu APBN-P, saya sendiri masyarakat sipil, tahunya kapan BOS itu akan cair,” ujarnya.

Dirinya akan melelang motor supra X tahun 2002 itu dengan harga Rp7,5 juta. Uang itu sebagai penawar haus guru yang selama lima bulan terakhir tidak dapat gaji, meski besaran nominal itu tidak cukup untuk menggaji guru secara keseluruhan.

Pantauan di lokasi, motor dengan nopol M 3752 AV itu diletakkan di depan kantor Kemenag Jalan Swatantra, dilengkapi atribut bacaan dilelang untuk khalayak umum. Untuk lebih memudahkan masyarakat yang ingin membeli, kepala sekolah itu menempelkan nomor telpon di atas porter.

“Mudah-mudahan laku, kasihan guru, bagi yang ingin membelinya segera hubungi nomer ini. Dan BPKB-nya sekarang ada di saya,” pungkasnya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.