oleh

Gegara Covid-19, Puluhan Peserta BPJS Ajukan Keringanan Pembayaran

PortalMadura.Com, Pamekasan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memiliki program relaksasi untuk peserta akibat pandemi Covid-19.

Relaksasi merupakan program BPJS untuk memberikan keringanan bagi peserta, baik peserta berstatus pekerja bukan penerima upah atau peserta pekerja penerima upah yang telah menunggak iuran lebih dari enam bulan.

Peserta yang mengikuti program tersebut dapat mencicil tunggakan iuran setelah enam bulan tersebut dengan cara mencicil atau membayar secara berkala hingga tanggal 31 Desember 2021.

“Di tengah pandemi Covid-19, kami memiliki program relaksasi yang intinya untuk meringankan peserta BPJS dalam situasi sulit seperti sekarang,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Agung Kurniawan, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 peserta BPJS banyak yang nunggak atau telat membayar iuran, baik peserta mandiri atau peserta yang dibiayai oleh perusahaan. Grafik penurunan pembayaran se Madura terlihat mulai Februari 2020.

Untuk wilayah Madura, tercatat sudah ada 42 Kepala Keluarga (KK) yang ikut program relaksasi tersebut. Dengan rincian empat mendaftar secara langsung ke kantor BPJS, sementara sisanya mendaftar melalui aplikasi mobile JKN yang disediakan BPJS.

“Makanya penting ini disampaikan kepada masyarakat, terutama mereka yang nunggak pembayarannya karena Covid-19,” tandasnya.

Dia berharap masyarakat yang menjadi peserta BPJS mendapatkan pelayanan yang baik dari tenaga kesehatan. Sebab, BPJS ini bertujuan untuk tolong menolong antar sesama rakyat Indonesia. Yang muda membantu yang tua, yang kaya membantu yang miskin dan lain sebagainya.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.