Gelar Petik Laut, Warga Tanjung Berharap Tangkapan Ikan Berlimpah

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, – Warga nelayan di Dusun Nonggunong, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, menggelar . Warga menyebutnya, rokat tase', Sabtu (4/6/2022).

“Ini bentuk syukur, tahun ini berharap tangkapan ikan berlimpah,” kata Ketua Panitia Petik Laut Desa Tanjung, Suja'e.

Warga nelayan Desa Tanjung, setiap tahun aktif menggelar rokat tase'. Salah satu yang dilakukan yakni doa bersama di makam Sayyid Yusuf Talango (kepulauan Poteran).

Untuk sampai ke makam penyebar agama Islam itu, mereka ramai-ramai menggunakan perahu yang sengaja dihias warna-warni. Suasana itu menarik buat warga sekitar. Rokat tase' ditutup dengan makan bersama.

Kegiatan lain yang akan digelar warga, berupa pagelaran tayub (sinden), Minggu (5/6/2022) siang dan malam harinya ketoprak (ludruk). Semua kesenian tradisional itu berasal dari wilayah setempat.

Sementara, salah seorang penggiat budaya, Ach. Choirul Ramadani mengatakan, budaya petik laut di Desa Tanjung sangat menarik dan perlu dikemas untuk dijadikan objek wisata.

“Saya sempat mengusulkan agar semua warga nelayan itu menggelar petik laut bersama-sama sehingga akan lebih ramai. Jika dikemas menjadi objek wisata akan berdampak positif pada ekonomi warga,” katanya.

Dalam setahun, kata dia, warga nelayan Desa Tanjung bisa menggelar petik laut hingga 7 kali. “Ada tujuh kelompok nelayan, mereka menggelar petik laut beda waktu. Jika bersama-sama jauh lebih menarik,” tandas Choirul yang juga mengikuti prosesi petik laut.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.