Gempa Bumi, Puluhan Bangunan di Tasikmalaya Hancur

Avatar of PortalMadura.Com
Gempa Bumi, Puluhan Bangunan di Tasikmalaya Hancur
Titik Gempa Bumi

PortalMadura.Com, Jakarta – Puluhan bangunan di 20 kecamatan/kelurahan di , Jawa Barat, mengalami kerusakan sebagai dampak terjadinya berkekuatan 7,3 skala richter pada Jumat (15/12/2017) malam.

PortalMadura.Com, Sabtu (16/12/2017), melansir dari cnnindonesia.com, menyebutkan, berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD), pukul 23.47 WIB tadi malam terjadi guncangan dengan pusat gempa di 43 kilometer (km) Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya.

Laporan sementara sampai pukul 03.45 WIB, terdapat bangunan sekolah, rumah sakit, dan masjid yang mengalami kerusakan. Tak hanya itu, puluhan rumah hancur, dan beberapa orang mengalami luka akibat tertimpa bangunan.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bermagnitudo 7,3 terjadi pada pukul 23.47 WIB di 8,03 derajat Lintang Selatan dan 108,04 derajat Bujur Timur atau 43 km dari arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya. Pusat gempa berada di kedalaman 105 km.

Dilansir kompas.com, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini terhadap tsunami di daerah pesisir selatan Pulau Jawa. Peringatan tersebut sempat membuat masyarakat panik. Warga Pesisir Selatan Tasikmalaya sampai ke daerah Pangandaran langsung mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

Kini, peringatan dini tersebut telah dicabut. “Peringatan dini #Tsunami yang disebabkan oleh #Gempa Mag:6.9 SR, Tanggal: 15-Dec-17 23:47:58 WIB, dinyatakan telah berakhir #BMKG,” tulis akun Twitter BMKG.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.