oleh

Gempar Soroti Objek Wisata Sumenep Tak Berizin

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Ekstra Parlemen (Gempar) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan aksi unjuk rasa di kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) setempat, Selasa (6/3/2018).

“Banyak objek wisata di Sumenep, termasuk yang dikelola pemerintah ternyata tidak mengantongi izin. Apakah ini yang namanya pemerintah sudah siap mengembangkan ekonomi masyarakat melalui wisata,” ungkap salah satu orator aksi, Mahfud Amin.

Selain orasi secara bergantian, mahasiswa juga membawa spanduk yang bertuliskan “Wujudkan Pariwisata Berbasis Warga”, “Ke Mana Arah Visit Sumenep Ini”, dan “Bubarkan Objek Wisata yang Tak Berizin”.

“Kami akan terus mengawal program Visit Sumenep 2018. Sebab, program tersebut untuk mengangkat taraf ekonomi masyarakat melalui sektor wisata dan itu harus benar-benar terwujud,” ucapnya.

Tujuan program Visit Sumenep ini sangat bagus, namun kalau tidak dilaksanakan dengan baik oleh para pemangku kebijakan, dipastikan tujuannya tidak akan terwujud. Untuk itu, perlu dikawal oleh berbagai pihak, termasuk masyarakat.

“Kami tidak ingin, program ini hanya menjadi alat untuk bermain-main oleh sekelompok orang di pemerintah daerah. Kami harapkan, program ini benar-benar membawa masyarakat pada taraf kesejahteraan yang lebih maju,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Disparbudpora Sumenep, Herman NS menyampaikan, pemerintah daerah terus berbenah diri dalam pengembangan destinasi wisata. Namun, sejumlah destinasi yang ada sudah siap menjadi rujukan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.

“Objek wisata yang ada di Sumenep ini aman untuk dikunjungi. Terkait dengan objek wisata yang belum berizin, kami terus membenahi hal itu,” jawab Herman di hadapan mahasiswa.

Ia menegaskan, pembenahan destinasi wisata memerlukan masukan dari berbagai pihak, termasuk dari mahasiswa. Masukan itu bermacam-macam cara penyampaiannya, termasuk seperti aksi mahasiswa.

“Aksi seperti ini salah satu bentuk masukan pada kami. Kami terus dikawal agar bisa bekerja dengan maksimal dan bisa mewujudkan tujuan awal dari program Visit Sumenep ini,” tukasnya. (Arifin/Putri)