Gigi Anda Ngilu Karena Sensitif? Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Gigi Anda Ngilu Karena Sensitif? Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda mengalami ? Tentu hal tersebut tidak enak dan sangat mengganggu bukan. Pada umumnya rasa ngilu tersebut disebabkan oleh gigi yang sensitif.
Tahukah Anda bahwa hal tersebut akan semakin parah bila terkena makanan atau minuman yang terlalu dingin atau manis.

Faktor penyebab sendiri terjadi karena penipisan email gigi sehingga dentin (lapisan tengah gigi) akan terbuka. Di dalam dentin inilah terdapat tabula yang terkoneksi pada ujung saraf yang dipenuhi cairan. Ketika dentin terbuka inilah makanan berupa makanan manis, dingin, panas atau asam akan mengenai cairan di dalamnya dan menyebabkan ngilu.

Saat itu terjadi, disarankan agar Anda menggunakan pasta gigi yang memang dikhususkan untuk pemilik gigi ngilu. Anda juga bisa memanfaatkan untuk mencegah, meredakan maupun mengobati gigi ngilu lho. Berikut beberapa bahan alami yang dapat mengatasi gigi ngilu.

Minyak Cengkeh
Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan meredakan gigi ngilu adalah minyak cengkeh. Nutrisi yang terkandung di dalam minyak cengkeh baik untuk kesehatan gigi.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda handa cukup membasahi kapas dengan minyak cengkeh kemudian usap-usapkan ke gigi yang ngilu. Anda juga bisa menggigit kapas tersebut selama beberapa waktu.

Air Garam
Bahan alami selanjutnya yang bisa mengatasi gigi ngilu adalah air garam. Kandungan nutrisi pada air garam bisa membunuh bakteri maupun kuman penyebab ngilu pada gigi.

Cara memanfaatkannya adalah dengan larutkan garam ke dalam air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

Bawang Putih
Nutrisi yang terkandung pada bawang putih bisa meredakan ngilu pada gigi secara baik. Caranya sangat mudah, kunyah bawah putih atau haluskan bawang putih kemudian oleskan pada gigi yang ngilu. Saat menggunakan perawatan ini, Anda bisa menambahkan garam pada bawang untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gigi ngilu atau sensitif. Namun, selain mengatasi gigi ngilu dengan bahan-bahan di atas, Anda juga harus memastikan bahwa pola hidup yang sehat, jaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan baik serta jauhi segala makanan atau minuman yang memperparah risiko gigi ngilu Anda. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.