oleh

Golongan Darah AB Lebih Berisiko Alami Penyakit Jantung, Benarkah?

PortalMadura.Com – Salah satu penyakit yang banyak membunuh orang yaitu penyakit jantung. Penyakit ini cukup banyak ditakuti oleh orang selain kanker dan diabetes.

Tahukah Anda bahwa seseorang yang terlahir dengan golongan darah AB, ternyata risikonya lebih besar mengalami penyakit jantung, benarkah itu?. Penelitian tahun 2012 dari Harvard School of Public Health (HSPH) menemukan bahwa orang-orang yang bergolongan darah AB punya risiko lebih besar mengalami penyakit jantung dibanding golongan darah lain.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association (AHA) Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology tersebut menyebutkan bahwa orang dengan golongan darah non-O (A, B, dan AB) sama-sama punya risiko besar mengalami penyakit kardiovaskuler.

Namun, hasil analisis data selama lebih dari 20 tahun yang dilakukan pada 89.500 orang dewasa ini menunjukkan golongan darah AB adalah yang paling berisiko mengalaminya, yaitu 23% lebih besar dibanding golongan darah O.

Penulis penelitian Dr. Lu Qi, sekaligus asisten profesor Department of Nutrition Amerika mengatakan, “Meski orang tak bisa mengubah golongan darahnya, tapi penelitian kami membantu banyak orang untuk mengetahui risiko kesehatan apa yang mereka bawa. Jika orang tahu tubuhmu lebih berisiko mengalami penyakit apa, mereka bisa melakukan langkah pencegahan”.

Jadi, bagi Anda yang punya golongan darah AB, yuk lebih jaga kesehatan dan rajin olahraga, agar tidak terserang penyakit jantung di kemudian hari. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Putri)