Gubernur Jatim Khofifah Blusukan Cek Pompa Pengendali Banjir

  • Bagikan
Gubernur Jatim Khofifah Blusukan Cek Pompa Pengendali Banjir scaled
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turba ke Sampang (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengecek langsung kondisi mesin pompa pengendali bencana banjir di sungai Kamoning Kabupaten Sampang, Madura.

Ada tiga titik pompa mesin air yang pantau, di Jalan Bahagia, Jalan Delima, dan Kampung Dhak Bukor, Desa Pangilen, Kecamatan Kota Sampang.

“Kami melihat salah satu mesin pompa yang mengalami kerusakan dan sedang tahap perbaikan,” kata Khofifah, Sabtu (13/11/2021), di Sampang.

Khofifah mengaku ingin memastikan kembali, jika rumah pompa dapat berfungsi dengan baik setelah memerintahkan Dinas SDA melakukan pengecekan dan perbaikan di lapangan.

“Mesin pompa yang kami lihat dapat berfungsi dengan baik, dan ada satu rumah pompa yang dilengkapi dengan genset,” ungkapnya.

Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat menyampaikan, ada solusi terhadap mesin pompa air pengendali banjir yang sempat mengalami kendala pada tahun lalu.

Pihaknya menyebutkan, ada dua mesin pompa air serta rumah pompa yang membuka dan menutup pintu air mengalami kendala. Namun, semua telah teratasi dengan baik.

“Dua mesin pompa air pengendali banjir yang sempat mengalami kendala telah dipastikan aman dan berfungsi,” terangnya.

Satu rumah pompa pengendali banjir yang sedang tahap perbaikan pada kabel, lanjut Abdullah Hidayat, telah disiapkan mesin cadangan berupa beberapa unit genset untuk mengatasi atau mengantisipasi bencana banjir.

“Kami ada solusi dengan menyediakan genset cadangan yang bisa membuka dan menutup pintu air pada rumah pompa,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah melakukan pengecekan dan upaya perbaikan, dinilai sangat peduli kepada masyarakat Sampang.

“Pemerintah daerah ikut bekerja sama untuk membantu kelancaran, menjaga kondisi dan mengontrol mesin pompa, termasuk keamanan,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.