Gudang Bulog Sumenep Kehabisan Stok Raskin

Avatar of PortalMadura.Com
Gudang Bulog Sumenep Kehabisan Stok Raskin
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Program pengentasan kemiskinan berupa pembagian beras miskin (raskin) di Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga kini belum bisa direalisasikan, meski Pemkab setempat telah menerbitkan Surat Perintah Alokasi (SPA) raskin.

“Berdasarkan hasil pengecekan tim raskin ke gudang beras Bulog Kalianget, stok yang tersedia hanya tinggal 31 ton. Sementara alokasi yang dibutuhkan untuk program raskin sebanyak 1.745 ton setiap bulan,” kata Kasubag Sarana Bagian Perekonomian Pemkab Sumenep, Wedi Sunarto, Rabu (11/3/2015).

Menurutnya, beras yang ada di gudang Bulog itu hingga kini juga tidak jelas apakah memang sisa tahun 2014 atau justru titipan desa atau kecamatan dari program raskin 2014.

“Raskin yang ada itu tidak tahu apakah sisa raskin tahun lalu atau memang titipan kecamatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menerbitkan SPA raskin, sebab berdasarkan hasil koordinasi dan surat edaran Kementerian Dalam Negeri diinstruksikan agar kabupaten/kota merealisasikan program raskin.

“Tim telah menindak lanjuti Surat Edaran itu, namun stok raskin di gudang masih belum siap karena persediaan yang ada jauh dari kebutuhan,” ungkapnya.

Hasil kroscek, lanjutnya, Bulog sendiri menyatakan belum bisa memastikan kapan bisa direalisasikan karena pengiriman beras ke gudang sistemnya jarak jauh.

“Pemkab tidak bisa memastikan raskin itu kapan bisa diluncurkan,” imbuhnya. (arifin/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.