Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum? Ini Cara Cerdas Atasinya

Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum? Ini Cara Cerdas Atasinya
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Takut berbicara di depan umum merupakan salah satu fobia yang umum terjadi, biasanya ini dilakukan saat ada tugas kuliah, tugas kantor, atau even tertentu yang mengharuskan seseorang untuk melakukannya. Perasaan gugup, tubuh terasa panas dingin, tangan bergetar atau hal lainnya akan timbul ketika seseorang akan mulai tampil.

Kondisi ini memang manusiawi, tidak hanya bagi seseorang yang baru melakukan bahkan pembicara yang sudah berpengalamanpun terkadang juga merasakan hal yang sama. Sebenarnya, dengan persiapan dan ketekunan Anda bisa mengalahkan rasa takut tersebut. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut lima tips yang bisa menghilangkan atau mengurangi rasa gugup Anda:

Berdoa
Berdoa bisa memberikan kekuatan yang luar biasa sebelum Anda maju diatas mimbar atau didepan para audience.

Kuasai Panggung
Ketika Anda mulai tampil didepan audience usahakan untuk segera menguasai panggung, kuasai keadaan, dengan cara menatap para audience dari sudut sebelah kiri, kanan sampai ke barisan belakang. Hindari menunduk, karena menunduk justru akan semakin menambah Anda merasa gugup.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Kuasai Materi
Pastikan bahwa Anda sudah menguasai materi yang akan disampaikan, dengan menguasai materi Anda bisa bicara dengan meyakinkan. Nah, saat Anda meyakinkan maka audience pun akan merasa yakin dengan apa yang Anda sampaikan. Jadi belajar sebelumnya dan benar-benar menguasai materi hukumnya wajib ya.

Percaya diri
Sampaikan materi dengan penuh percaya diri, boleh ditambah dengan gerakan kecil. Hal ini akan membantu mengurangi rasa gugup Anda. Jangan berdiri mematung, berbicaralah dengan semangat, usahakan berbicara dengan suara yang tidak datar. Karena suara datar akan menyebabkan audience bosan dan bahkan mengantuk.

Jadi, berbicaralah dengan berbagai intonasi, panjang pendek, kadang suara merendah, kadang meninggi dan lantang. Dengan begitu para audience cenderung lebih tertarik menyimak apa yang Anda sampaikan. Sehingga ketika perhatian audience penuh itu akan membuat Anda semakin percaya diri dan bisa mengurangi kegugupan Anda.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Berpikirlah “Sayalah leader” di Forum Ini
Ketika Anda berdiri dihadapan para audience, berpikirlah bahwa Andalah yang paling mengerti dan menguasai materi yang Anda sampaikan. Hal ini akan memunculkan rasa percaya diri dan gugup pun bisa teratasi dengan mudah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa takut saat berbicara didepan umum. Intinya, semakin Anda yakin maka dengan mudah Anda akan berbicara, sebanyak apapun orang yang ada didepan Anda. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.