Gula, Bahan Dapur yang Ampuh Atasi Ketombe Lho?

Avatar of PortalMadura.Com
Gula, Bahan Dapur yang Ampuh Atasi Ketombe Lho?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kelebihan produksi minyak pada kulit kepala juga akan menjadi alasan munculnya ketombe. Sel kulit mati akan terakumulasi di kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe dan kulit kepala terkelupas. Ketombe bisa menjadi penyebab munculnya sejumlah masalah, seperti gatal dan pendarahan pada kulit kepala.

Oleh karena itu, ketombe bisa dihilangkan dengan cara membersihkan sel kulit mati pada kulit kepala secara rutin. Sebagian orang, mungkin banyak yang belum tahu bahwa benda yang kita sering temukan di dapur, yaitu , bisa membantu mengatasi masalah ketombe. Bagaimana caranya?

Scrub
Kita bisa menggunakan gula sebagai bahan dasar scrub untuk mengontrol kelebihan produksi minyak pada kulit kepala. Hal yang harus dilakukan adalah mencampurkan sejumlah gula, minyak zaitun, dan sejumput garam untuk membuat scrub.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan pada kulit kepala lalu pijat lembut dengan gerakan memutar menggunakan ujung-ujung jari. Diamkan sekitar satu jam kemudian bilas bersih dengan air biasa. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Gula dan lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai tanaman penyembuh dan bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit kepala kering dan ketombe. Cara membuatnya, ambil daun lidah buaya segar lalu potong durinya dari kedua sisi setelah itu kupas kulitnya.

Ambil daging buahnya dan simpan didalam mangkuk untuk dicampurkan dengan gula. Aplikasikan pada kulit kepala dan gosok lembut. Setelah 30 menit, bilas rambut dengan air. Tak hanya untuk ketombe, campuran ini juga bisa menyuburkan rambut. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali setiap dua minggu.

Gula dan sampo
Metode yang satu ini sangat sederhana, eksfoliasi kulit kepala sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan menjaga rambut tetap sehat. Anda hanya memerlukan satu sendok makan gula untuk dicampurkan dengan sampo harianmu.

Gunakan campuran ini untuk membersihkan rambut. Bilas seperti saat Anda berkeramas biasa, Anda juga bisa mengulangi perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Gula dan essential oil
Anda bisa membuat scrub jenis lain dengan mencampurkan gula dengan essential oil. Campuran ini juga membantu mengharumkan kulit kepala dan rambut Anda. Campurkan 8-10 sendok makan gula, lima sendok makan minyak biji anggur, dan 3-4 tetes essential oil rosemary atau lemon.

Campurkan semua bahan dan aplikasikan ke kulit kepala, lalu pijat lembut. Teruslah memijat selama beberapa menit dan biarkan selama satu jam. Bilas menggunakan air biasa. Lakukan perawatan ini sekali setiap 15 hari untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Gula merah dan minyak zaitun
Jika Anda mengalami ketombe parah, mungkin Anda bisa mencoba campuran gula merah dan minyak zaitun. Hangatkan sekitar dua sendok makan minyak zaitun kemudian tambahkan dua sendok makan gula merah ke dalamnya.

Aduk hingga rata. Biarkan campuran bahan tersebut hingga sama seperti suhu ruangan lalu pijatkan ke kulit kepala. Diamkan 30-45 menit sebelum membilasnya dengan air biasa. Sangat mudah dan praktis lho, selamat mencoba.(Kompas.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.