oleh

Umat Muslim, Ketahuilah Hukum Tidur Pagi Setelah Salat Subuh

PortalMadura.Com – Salah satu rukun Islam dan kewajiban seorang Muslim adalah melaksanakan salat wajib atau salat fardu. Salat fardu sendiri dikerjakan sebanyak 5 kali dalam sehari. Dan salah satunya yang istimewa adalah salat subuh. Namun kebanyakan orang justru malah tidur setelah salat subuh.

Padahal hal ini bertentangan dengan sunah Rasul. Bahkan para ulama sangat tidak menyukai hal ini. Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah, “Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah salat Subuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.” (Madarijus Salikin, 1: 369)

Dari ‘Urwah bin Zubair, beliau mengatakan, “Dulu Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di waktu pagi.”. Yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum adalah setelah melaksanakan salat subuh, mereka duduk di masjid hingga matahari terbit. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mendoakan waktu pagi sebagai waktu yang penuh keberkahan.m “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan Tirmidzi no. 1212. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Berdasarkan hal di atas, sebagian ulama salaf tidak menyukai tidur setelah shlat subuh. Gunakanlah waktu pagi untuk aktivitas yang bermanfaat untuk dunia ataupun untuk urusan akhirat. “Namun jika ada seorang yang memilih untuk tidur di setelah shalat Shubuh agar bisa bekerja dengan penuh vitalitas maka hukumnya adalah tidak mengapa, terutama jika tidak memungkinkan bagi orang tersebut untuk tidur siang dan hanya mungkin tidur di waktu pagi.”. Semoga bermanfaat.(Islamidia.Com/Nurul)


Tirto.ID
Loading...

Komentar