Gunakan 3 Aplikasi Ini ketika Beritikaf di Masjid

Avatar of PortalMadura.com
Gunakan 3 Aplikasi Ini ketika Beritikaf di Masjid
Ilustrasi (Sekolah Umroh)

PortalMadura.Com – Ramadan hampir usai, dibeberapa hari terakhir ini banyak umat muslim yang melakukan itikaf di masjid meskipun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Banyak hal yang dilakukan ketika beritikaf di masjid. Seperti berzikir, membaca Alquran, salat sunah dan lain sebagainya. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ketika beritikaf di masjid. Lantas aplikasi apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Ramadan Challenge

Aplikasi ini tampil dengan warna dominan biru muda dengan logo bulan sabit dan dua bintang. Fitur yang ada di Ramadan Challenge berupa berbagai ibadah harian, yang bisa meningkatkan kualitas Anda melakukan itikaf.

Diantaranya, salat, tadarus Al-Qur'an, zikir, hingga puasa. Dari semua kategori tersebut, Anda akan mendapatkan nilai di masing-masing kategorinya.

Seperti contohnya pada bagian zikir, fitur ini dilengkapi oleh tasbih digital yang bisa menghitung banyaknya zikir yang dilantunkan. Kemudian, hasil itu akan dikonversi menjadi poin.

Poin yang dikumpulkan semakin banyak akan membuat penggunanya masuk dalam daftar leaderboard mengacu pada perolehan tersebut. Daftar ini seuai dengan kategori yang dipilih oleh penggunanya. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 5 ribu kali di PlayStore.

Panduan Itikaf

Selanjutnya adalah aplikasi yang berisi tentang berbagai panduan untuk menjalani itikaf. Bermula dari pengertian itikaf menurut Al-Quran dan Hadis, hingga amalan lainnya seperti salat sunah.

Selanjutnya, ada penjabaran mengenai tempat pelaksanaan itikaf, adab itikaf, hingga dalil dan niat melakukan itikaf.

Kemudian, pengguna juga bisa mendapatkan pengertian dasar pada Al-Quran dan Hadis bagi beberapa kegiatan lainnya yang menunjang ibadah itikaf. Aplikasi ini cukup ringan dengan kebutuhan memori unduhan sekitar 3.4Mb saja.

Panduan Itikaf dan Amalannya

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan panduan sebelumnya. Disini Anda akan menemukan berbagai kegiatan yang berguna untuk dilakukan selama itikaf.

Mulai dari amalan sunah Rasul, doa-doa dalam Islam, panduan salat taubat, hingga waktu yang dilarang untuk melaksanakan salat. Dengan begitu, Anda akan lebih dapat mendalami agama sejak Anda melaksanakan itikaf.

Zikir juga tersedia dalam aplikasi ini, bisa jadi bahan Anda menghafalnya atau bisa sambil membaca dengan membuka aplikasi. Ukuran aplikasi ini juga cukup ringan dengan 5,2Mb saja.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.