Gunakan Perawatan Daun Kelor Secara Rutin, Manfaatnya Luar Biasa

Avatar of PortalMadura.Com
Gunakan Perawatan Daun Kelor Secara Rutin, Manfaatnya Luar Biasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang biasanya banyak dimanfaatkan masyarakat untuk dijadikan sayuran bening, tanaman pagar ataupun obat-obatan.

Daun yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini kaya akan vitamin C bahkan lebih tinggi daripada buah jeruk maupun sayuran. Perlu diketahui ada banyak kandungan yang ada dalam daun kelor ini seperti pterigospermin, minyak atsiri, alkaloid, morigin, moringinin, minyak lem, klorofil, dan lain sebagainya.

Banyaknya kandungan tersebut, wajar apabila daun kelor juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal yang terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan tubuh, seperti rematik, nyeri sendi, rabun ayam, dan sakit kuning. Disamping itu, banyak orang tidak mengetahui bahwa daun kelor ternyata bisa bermanfaat untuk kecantikan lho.

Penasaran, apa saja manfaatnya untuk kulit wajah?. Yuk simak penjelasan berikut ini:

Menghilangkan Noda Hitam (Flek) Pada Wajah
Kandungan vitamin C yang ada di dalam daun kelor merupakan nutrisi yang mampu untuk menghilangkan noda hitam (flek) pada wajah. Caranya ialah dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Sebagaimana diketahui bahwa vitamin C selain sebagai penguat sistem kekebalan tubuh (imunitas), juga terkenal sebagai kandungan yang mampu mencerahkan kulit sehingga flek-flek di wajah bila hilang.

Cara membuat maskernya yaitu: Pertama, cuci hingga bersih beberapa lembar daun kelor, kemudian tumbuklah daun kelor tersebut hingga halus dan lembut. Kedua, hasil tumbukan bisa juga dicampurkan dengan bedak bayi secukupnya. Kalaupun tidak dicampurkan juga tidak jadi masalah. Ketiga, letakkanlah hasil tumbukan yang telah dicampur atau tidak ke permukaan wajah hingga merata dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Tentu sebelumnya wajah juga harus dibersihkan terlebih dahulu dengan air. Keempat, kemudian bilaslah dengan menggunakan air.

Lakukanlah kebiasaan ini setidaknya 2 hari sekali atau paling tidak sebanyak 2x seminggu dalam satu bulan. Nantinya noda hitam (flek) pada wajah pasti akan berangsur-angsur memudar dan akhirnya hilang dengan sendirinya.

Menghilangkan Jerawat Pada Wajah
Kandungan vitamin C yang tinggi disamping bisa menghilangkan noda hitam (flek) sebagaimana telah dijelaskan di atas, juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang muncul.

Caranya yaitu : Pertama, cuci hingga bersih beberapa lembar daun kelor, kemudian tumbuklah hingga halus dan lembut. Kedua, bersihkan wajah dengan menggunakan air. Oleskan tumbukan tersebut pada bagian wajah yang menjadi tempat tumbuhnya jerawat, dalam artian hasil tumbukan dioleskan di atas jerawat yang muncul hingga menutupinya. Ketiga, diamkan selama 20 menit hingga terasa cukup kering, lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan air hingga bersih.

Lakukanlah cara perawatan ini secara rutin dan teratur sebelum tidur malam apabila menginginkan jerawat cepat hilang. Sehingga wajah kembali bersih dan cerah.

Menyehatkan Kulit Wajah
Kandungan vitamin C pada daun kelor sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Di samping itu, mengkonsumsi daun kelor sebagai masakan juga diyakini mampu memperhalus kulit dan mencegah munculnya jerawat sehingga wajah dan kulit akan terlihat semakin sehat, bersih, dan cantik.

Sebagai Antioksidan
Antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C ini dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan. Dalam kasus kecantikan sendiri, antioksidan akan mampu menjaga kulit supaya tetap segar, bersih, dan berkilau secara alami. Hal ini dikarenakan vitamin C juga ikut membantu dalam pembuangan racun yang dikeluarkan dari jaringan tubuh.

Membersihkan Kulit Secara Menyeluruh
Selain untuk kesehatan dan kebersihan wajah semata, namun manfaat daun kelor bagi kecantikan kulit sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat kulit bersih secara menyeluruh sehingga tampak cerah dan bersinar.

Caranya sangat mudah, yaitu: Pertama, cuci hingga bersih daun kelor secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Kedua, campurkan hasil tumbukan daun kelor tersebut dengan beras yang juga sudah ditumbuh dengan kondisi yang masih agak kasar. Ketiga, tambahkan sedikit minyak zaitun agar terasa lebih harum. Kemudian gunakanlah campuran tersebut sebagai scrub atau lulur dan balurkan secara merata ke seluruh tubuh seraya memberikan pijatan-pijatan lembut dan perlahan. Keempat, setelah dirasa cukup, bersihkanlah dengan cara mandi seperti biasanya.

Dengan kata lain, cara ini merupakan cara mandi yang memakai daun kelor, beras, dan minyak zaitun sebagai lulurnya.

Menghilangkan Keriput
Manfaat terakhir yang bisa diperoleh dari daun kelor untuk kecantikan ialah kemampuannya dalam menghilangkan keriput yang biasanya kerap muncul terlebih dahulu di sekitaran wajah. Caranya: gunakanlah masker daun kelor seperti cara pada poin 1 setidaknya 3 kali dalam seminggu agar yang hasil didapatkan maksimal.

Itulah beberapa khasiat dari daun kelor yang belum Anda ketahui untuk kecantikan Anda. Cara seperti ini menjadi pilihan yang perlu Anda lakukan karena di samping harganya yang murah, juga cara yang harus dilakukan terbilang praktis. Selain itu, cara ini juga termasuk cara alami yang terbebas dari kandungan-kandungan kimia yang biasanya ada dan digunakan pada pembersih wajah dalam dunia kecantikan. Semoga bermanfaat ya ladies. (klinikkecantikan.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.