Guys, Begini 3 Cara Mudah Rawat Rantai Motor Sendiri di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Begini 3 Cara Mudah Rawat Rantai Motor Sendiri di Rumah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen pada motor yang berfungsi untuk mentransfer daya dari sistem transmisi ke roda belakang motor, yaitu rantai. Maka dari itu, kondisi komponen yang satu ini wajib diperhatikan selalu agar memberikan kenyamanan saat riding.

Sebenarnya untuk merawat tidak perlu campur tangan mekanik ahli, cara merawat rantai motor pun cukup mudah, dan bisa dilakukan sendiri di rumah sembari mengisi waktu luang. Lantas, apa saja langkah mudah merawat rantai motor?.

Berikut tiga cara mudah merawat rantai motor sendiri di rumah:

Bersihkan Rantai
Rantai rentan terkena debu dan kotoran. Apalagi ketika musim penghujan, rantai gampang kena lumpur. Jika tidak segera dibersihkan, rantai akan terasa kaku dan berisik ketika motor dikendarai. Sebab itu, chain lube yang berfungsi melumasi sudah luntur.

Pelumas
Setelah dibersihkan dari kotoran, jangan lupa lumasi kembali rantai dengan cairan khusus rantai motor. Jangan sekali-kali gunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Karena, justru hal ini akan membuat kotoran lebih mudah menempel. Rantai motor perlu dilumasi setidaknya setiap seminggu sekali agar tidak mudah kendur.

Kencangkan Rantai
Nah, jika rantai sudah dirasa kendur, maka wajib disetel ulang ketegangannya. Jarak main bebas (free play) rantai motor sendiri berkisar 2,5 sampai 3 cm. Untuk mengetahui cara mengencangkan rantai yang kendur, Anda perlu melihat buku panduan, karena setiap motor belum tentu menggunakan kunci pas yang sama untuk menyetel ketegangan rantai. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.