Guys, Ini 10 Tips Cerdas Aman Berkendara di Jalan Raya

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 10 Tips Cerdas Aman Berkendara di Jalan Raya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berkendara di , apalagi di ibu kota tentu membutuhkan konsentrasi penuh dan kehati-hatian. Pasalnya, lalu lintas ibu kota sangat padat serta sejumlah pejalan kaki yang kadang melintas jalan tidak melalui jembatan penyeberangan.

Nah, supaya Anda bisa aman dan nyaman ketika mengendarai sepeda motor di dalam kota besar, ada baiknya Anda memperhatikan trik-trik berkendara aman.

Berikut sepuluh cara berkendara aman di jalan raya menurut instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra:

Anda Harus Terlihat
Kenakan warna-warna cerah. Terutama helm dan jaket dengan warna mencolok. Hal ini agar pengemudi lain di jalan dapat melihat dan mengetahui keberadaan Anda.

Jika Anda ingin tetap menggunakan jaket berwarna gelap, usahakan dipadukan dengan rompi berwarna terang.

Tetap Berada di Zona Terbuka
Kemudikan sepeda motor dengan berada di jalur aman. Jangan melewati celah-celah mobil. Sebab, Anda berpotensi berada di area blind spot. Jika sampai berada di area itu, pengemudi mobil tidak melihat keberadaan Anda.

Perhatikan Sekeliling
Jangan hanya terfokus menatap depan. Pastikan Anda melihat ke kanan dan kiri serta sekeliling untuk mengetahui lingkungan dan kondisi jalan. Hal ini untuk menghindari kejadian yang disebabkan oleh pengendara lain atau pejalan kaki.

Mencari Celah dan Solusi di Jalan
Perhatikan kondisi jalan dengan mencari cara untuk bisa menghindari dan melewati mobil-mobil berukuran besar. Hal ini berguna untuk mencari cara keluar dari kesulitan apabila terjadi sesuatu di jalan.

Jangan Menyalip dari Jalur Kiri
Biasanya ada mobil atau motor parkir serta mogok di jalur kiri. Oleh karena itu, jangan sesekali menyalip dari jalur kiri. Ditakutkan Anda bakal menghantam motor atau mobil yang sedang berhenti ketika menyalip dari kiri secara tiba-tiba.

Menjalankan Interferensi
Lakukan interferensi dengan memanfaatkan kendaraan lain di depan Anda. Jika tidak mengetahui kondisi jalan, biarkan kendaraan lain melintas terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa meraba kondisi jalan dan terhindar dari lubang atau jalan jelek.

Pilih Jalur yang Benar dengan Bijak
Pastikan Anda berada di jalur yang benar. Perhatikan jalur cepat dan lambat. Terutama jika ada penggabungan lalu lintas. Jangan posisikan kendaraan Anda terjepit di antara kedua belah pihak atau dari ke dua arah.

Perhatikan Kondisi Permukaan Jalan
Hal ini tidak hanya memperhatikan kondisi jalan berlubang atau rusak. Menghindari batu atau puing-puing yang berserakan di jalan juga harus dilakukan. Selain itu, perhatikan kendaraan lain yang mungkin juga tidak sadar dengan kondisi jalanan.

Disiplin Memperhatikan Sinyal
Perhatikan lampu di kendaraan Anda. Selalu pastikan di posisi yang benar. Jangan dibiarkan dalam kondisi menyala sehingga membuat kendaraan lain menjadi bingung. Terutama lampu sein yang berlawanan dengan arah Anda mengemudi.

Tidak Agresif
Jangan terlalu agresif dan terburu-buru saat berkendara. Selalu menggunakan sein untuk memberi tanda. Terutama saat memotong jalur atau berbelok. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.