oleh

Guys, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Dana Pinjaman Online

PortalMadura.Com – Ketika seseorang sudah membutuhkan uang untuk kepentingannya yang mendesak, biasanya segala cara dilakukan agar bisa mendapatkan. Apalagi tabungan yang ada sudah tidak mencukupi, mencari pinjaman dana pun pasti akan dilalui.

Sekarang ini, ada banyak perusahaan yang menawarkan pinjaman, salah satunya yang semakin canggih yaitu dana pinjaman online. Memilih opsi ini memang terlihat mudah dengan penawaran yang menggiurkan. Tapi walaupun demikian, ada 3 hal yang perlu Anda tahu tentang dana pinjaman online tersebut agar tidak merugikan Anda dikemudian hari. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Memilih Pinjaman dari Bank
Berbagai fintech yang bermunculan saling berlomba memberikan penawaran menarik bagi yang ingin meminjam dana tunai secara online. Sayangnya, tidak semuanya berada di bawah pengawasan OJK sebagai pengawas industri keuangan di Indonesia. Sebaiknya, pilih pinjaman dari bank agar terhindar dari fintech yang tidak terdaftar di OJK, karena dapat berdampak pada bunga pinjaman yang terlalu tinggi.

Minta Penjelasan Selengkap-lengkapnya
Siapa pun akan tergiur melakukan pinjaman dana online yang menawarkan berbagai kemudahan. Mulai dari bunga yang rendah, tanpa jaminan, bahkan tanpa memberikan identitas pribadi. Hal ini justru wajib diwaspadai, karena ada kemungkinan akan memberikan bunga pinjaman yang tidak wajar.

Jangan ragu untuk bertanya dan meminta penjelasan selengkap-lengkapnya. Mulai dari dokumen pribadi yang harus dipersiapkan, masa pembayaran pinjaman, hingga peraturan yang diberikan. Jangan malas untuk membaca deretan pasal dan poin yang seringkali disuguhkan dengan bahasa yang rumit. Masa depan finansial Anda bisa bergantung pada dokumen karena menyetujui hal-hal yang ternyata merugikan Anda dan akan membuat Anda bermasalah di kemudian hari.

Tentukan Jumlah Pinjaman
Jangan memutuskan meminjam dana online tanpa mengetahui berapa besar uang yang sebenarnya Anda butuhkan. Baik untuk modal usaha, biaya menikah, atau membeli rumah, sebaiknya tentukan jumlah uang yang akan dipinjam.

Sesuaikan dengan kemampuanmu untuk mengangsur pembayarannya, karena pinjaman yang lebih besar dibanding kebutuhan hanya akan menambah beban angsuran pembayaran, bahkan berisiko terkena denda dan penalti. (vemale.com/Putri)