oleh

Guys, Ini 4 Cara yang Benar Bersihkan Laptop

PortalMadura.Com – Saat ini karena kecanggihan teknologi, laptop menjadi salah satu perangkat yang sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan laptop, sehingga tidak menutup kemungkinan laptop menjadi kotor.

Nah jika laptop sudah kotor dan berdebu, pasti Anda tidak nyaman saat menggunakannya. Oleh karena, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin pada laptop Anda. Lakukan beberapa langkah ini untuk membersihkan laptop dengan benar. Penasaran?

Berikut ini ulasannya:

Siapkan Pembersih
Ahli kebersihan Jolie Kerr menyebutkan, ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga laptop tetap bersih: alkohol, kain microfiber, kapas, dan alat peniup debu.

Alkohol dengan 90% isopropyl tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen internal laptop. Jika pengguna laptop memiliki kotoran yang susah untuk dihilangkan, gunakan spons melamin. Namun, tetap hati-hati dalam penggunaannya karena sifat spons melamin yang kasar.

Jika melihat satu set perangkat pembersih perangkat di toko elektronik, jangan langsung tergiur membelinya. Perlengkapan yang ada di rumah juga bisa digunakan agar menghemat pengeluaran.

Mulai Bersihkan dari Dalam
Membersihkan kotoran yang ada pada keyboard mungkin menarik. Namun, alangkah baiknya untuk membersihkan bagian dalam laptop terlebih dahulu.

Dengan alat peniup debu, kotoran akan berterbangan. Jadi, percuma jika membersihkan layar terlebih dahulu. Karena itu, mulailah dengan membersihkan atau meniupkan debu-debu yang ada di sela-sela perangkat menggunakan udara yang dikompresi.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mematikan laptop. Kemudian, cabut kabel power dan lepaskan baterai laptop jika bisa dilepaskan.

Gunakan peniup debu untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat, dan tiupkan ke setiap celah yang ada seperti, keyboard, lubang angin, bahkan port USB.

Semprotkan udara dari peniup debu pada bagian dalam laptop. Hal ini untuk mencegah penumpukan debu dari waktu ke waktu dan menyebabkan laptop terlalu panas.

Bagi pengguna laptop yang merokok atau yang memiliki hewan peliharan, harus lebih sering dan berhati-hati membersihkan laptop. Pasalnya, debu, asap, bulu hewan, dan partikel lainnya lebih mudah masuk ke dalam celah-celah laptop.

Bersihkan Bagian Luar Laptop
Gunakan kain microfiber, tuangkan alkohol di kain microfiber, peras agar cairan alkohol tidak menetes. Bersihkan permukaan laptop. Kapas pembersih dan alkohol juga dapat digunakan untuk membersihkan keyboard dan ruang kecil antar keyboard.

Jika ada noda yang susah hilang, gosokkan spons melamin secara perlahan dan tetap hati-hati untuk mencegah kerusakan penampilan laptop.

Perawatan akan sedikit berbeda ketika membersihkan layar. Pengguna harus dapat membersihkan bekas sidik jari yang menempel menggunakan kain microfiber yang kering.

Akan tetapi, jika memang noda yang menempel membutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya, tuangkan sedikit air pada kain. Hindari penggunaan sabun pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia yang bersifat keras seperti ammonia atau alkalin untuk membersihkan layar.

Hilangkan Bau Laptop
Jika pengguna memiliki permasalahan yang cukup serius pada laptop miliknya, seperti bau yang melekat, membersihkan permukaan laptop dapat sangat membantu.

Sumber bau bisa saja berasal dari dalam laptop. Pengguna bisa memakai pewangi alami terbaik di dunia, yakni arang. Kalau sulit memperoleh arang, pengguna juga bisa menggunakan pasir untuk kotoran kucing.

Sebagian besar pasir untuk kotoran kucing memiliki formula arang aktif untuk menetralkan bau. Cara menggunakannya, bungkus laptop dalam sebuah kantong yang sudah diisi pasir untuk kotoran kucing.

Biarkan selama 24-48 jam. Semakin lama laptop didiamkan dengan formula arang tersebut, akan semakin hilang bau yang melekat pada laptop. (detik.com/Desy)

Loading...