Guys, Ini 4 Trik Cerdas Tetap Produktif di Tempat Kerja Saat Musim Libur

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 4 Trik Cerdas Tetap Produktif di Tempat Kerja Saat Musim Libur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat seperti sekarang ini tentu membuat sebagian orang malas untuk bekerja. Namun, terkadang karena tuntutan pekerjaan membuat mereka harus tetap pergi ke kantor meskipun di hari libur.

Apalagi melihat suasana di kantor yang lebih sepi dari biasanya pasti semakin membuat Anda malas bekerja. Bahkan, hal ini juga turut memengaruhi produktivitas kerja.

Berikut empat cara agar produktivitas meningkat saat suasana liburan:

Jangan Mengirim Banyak Pesan tentang Pekerjaan
Kemungkinan besar, beberapa klien atau partner kerja Anda mungkin sedang berlibur. Jadi, sebaiknya Anda tidak menghubungi mereka untuk urusan pekerjaan. Sangat kecil kemungkinan mereka akan membalas email atau semua pesan yang terkait dengan pekerjaan. Nah, jika Anda merasa jengkel karena tidak ada satu pun pesan Anda yang dibalas, maka itu bukan salah mereka.

Salah satu staf di Lifehacker, Nick Douglas, mengatakan bahwa terlalu banyak mengirim email tentang pekerjaan pada musim liburan bukanlah hal yang efektif. Kebanyakan orang tidak akan membalasnya.

“Kecuali e-mail tersebut benar-benar penting, jangan repot-repot untuk mengirimkannya. Anda bisa menundanya terlebih dahulu,” ucap Nick Douglas.

Sebagai cara Anda bisa menyimpan e-mail tersebut dalam draft.

Gunakan Waktu untuk Hal-hal yang Perlu Fokus Mendalam
Sisi posistif saat Anda harus ke kantor saat musim libur ini adalah suasana yang lebih sepi dari biasanya. Ini adalah hal yang bagus. Anda bisa lebih konsentrasi dan fokus pada pekerjaan.

Suasana liburan ini merupakan saat yang tepat untuk Anda mengerjakan proyek besar atau pekerjaan yang memungkinkan Anda mendapat promosi.

Pergilah Makan Siang dengan Orang Lain
Inilah saat yang tepat untuk lebih mengenal rekan kerja Anda. Sebagaimana menurut seorang wartawan freelance, Kate Rockwood, mengatakan, bahwa saat kebanyakan orang tidak berada di kantor, Anda harus mengundang seorang rekan kerja untuk makan siang bersama dan mendengarkan saran dari seorang ahli.

Menurutnya, Anda juga bisa mengajak teman kantor untuk melakukan aktivitas di luar pekerjaan dan bersosialisasi dengan seseorang yang baru di kantor. Teman akan sangat berguna saat Anda berada pada masa krisis nantinya.

Berdiskusi dengan Atasan
Biasanya, perusahaan memiliki review performa pekerjanya saat akhir tahun. Namun, jika perusahaan Anda tidak melakukannya, Anda bisa bertanya langsung pada atasan Anda.

Anda bisa membuat daftar pertanyaan, kekhawatiran dan gagasan Anda untuk kemajuan perusahaan. Setelah itu, Anda bisa mengajak atasan Anda untuk mendiskusikannya. Inilah saat yang tepat untuk Anda melakukannya. Jika Anda tidak segera menemui atasan untuk mendiskusikan performa Anda, lantas bagaimana Anda bisa melakukan perbaikan diri?.

Anda pun tidak perlu menunggu tahun 2018 untuk mewujudkan resolusi Anda. Saat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat di mana Anda bisa berdiskusi dan meminta penilaian atas diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa berpikir lebih jelas. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.