Guys, Ini 5 Cara Cerdas Manfaatkan Liburan Sambil Bekerja

Guys, Ini 5 Cara Cerdas Manfaatkan Liburan Sambil Bekerja
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Liburan telah tiba, sehingga banyak orang yang sudah merencanakan untuk berlibur bersama keluarga, teman, sahabat atau pasangan. Namun, bagaimana jika jadwal masih padat dan banyak pekerjaan tapi mengharuskan Anda berlibur?

Mau tidak mau, Anda harus bekerja sambil berlibur. Sehingga Anda harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin antara berlibur dan tetap melaksanakan tugas kantor. Selain itu, orang-orang disamping Anda juga harus mengerti kondisi Anda yang harus profesional dalam bekerja.

Nah agar liburan Anda tidak mengganggu pekerjaan atau bahkan sebaliknya, Anda perlu melakukan beberapa cara ini. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Pastikan Tidak Ada Jadwal ‘Meeting’ Saat Liburan
Jika Anda berencana melakukan liburan dan diiringi dengan tetap bekerja, maka pastikan jika Anda menentukan waktu yang tepat. Pastikan jika ketika Anda berlibur tidak ada jadwal pertemuan (meeting) dengan orang penting atau klien.

Anda bisa izin berlibur sambil bekerja. Cara ini akan lebih efektif jika memang Anda ingin berlibur namun tetap mengontrol pekerjaan. Selain itu, pastikan juga mengerjakan pekerjaan pada saat liburan sesuai dengan jam operasional kantor Anda.

Jangan Lupa Bawa Laptop dan Ponsel
Bawalah serta laptop dan juga ponsel jika memang Anda berniat berlibur sembari tetap bekerja. Pastikan jika laptop selalu dalam keadaan baik dan jangan meletakkannya pada sembarang tempat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengecek dan melakukan pekerjaan disela-sela waktu berlibur.

Pastikan Anda juga membawa perlengkapan charger dari laptop Anda, untuk memperlancar pekerjaan saat liburan.

Pastikan Koneksi Seluler dan Internet Lancar
Jangan menganggap remeh jaringan seluler di tempat Anda berlibur, apalagi jika Anda berencana berlibur sambil bekerja. Pastikan jika jaringan seluler di tempat Anda berlibur lancar. Karena jika jaringan tersebut lancar, maka sinyal internet umumnya juga bisa lancar.

Jika memang provider Anda di tempat liburan kurang mendukung, maka Anda bisa mencari tahu provider apa yang sinyalnya lebih bagus di tempat tersebut, agar nantinya komunikasi dan pekerjaan Anda tetap berjalan dengan baik.

Luangkan Waktu Memeriksa E-Mail di Malam Hari
Liburan memang momen yang sangat menyenangkan, apalagi jika perginya bersama orang tersayang. Dan umumnya orang yang berlibur akan lupa dengan pekerjaannya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi rencana berlibur sambil bekerja.

Jika ingin bekerja sambil berlibur, maka pastikan jika Anda konsisten dengan keduanya. Periksalah e-mail di malam hari, agar nantinya Anda tahu apa saja yang sedang terjadi di lingkungan kantor atau mungkin Anda juga bisa mendapatkan informasi baru mengenai pekerjaan Anda.

Selain itu, dengan memeriksa e-mail setiap malam, maka Anda juga pasti akan lebih mudah dalam menjalankan pekerjaan. Karena tidak ada pekerjaan yang terlewatkan begitu saja.

Berlibur ke Tempat yang Tidak Terlalu Jauh
Salah satu cara agar liburan dan pekerjaan tetap berjalan lancar yaitu dengan memilih tempat liburan yang tidak terlalu jauh. Misalnya saja Anda tinggal di Jakarta, maka pilihlah tempat berlibur yang mudah dijangkau dengan kereta atau mobil, seperti ke Puncak Bogor atau Bandung.

Mengapa demikian? Karena jika ada sesuatu yang mendesak, harus datang ke kantor secara mendadak, maka Anda juga akan lebih mudah menjangkaunya dan tidak memerlukan waktu perjalanan selama lebih dari 12 jam.

Namun lain halnya jika Anda pergi ke Bali, Lombok, dan tempat yang cukup jauh, maka Anda akan membutuhkan pesawat terbang untuk kembali ke Jakarta, dan belum lagi nantinya harga tiket yang mahal karena pemesanan yang mendadak.

Oleh sebab itulah mengapa jika Anda berlibur, lebih baik memilih tempat yang mudah di jangkau saja. Atau jika memang Anda ingin pergi ke tempat yang jauh, maka sebaiknya pergilah diwaktu yang memang benar-benar tepat dan tidak ada pekerjaan yang menunggu Anda. (liputan6.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.