oleh

Guys, Ini 5 Manfaat Terapkan Gaya Hidup Minimalis untuk Keuangan Anda

PortalMadura.Com – Saat ini sudah semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup minimalis, karena ternyata banyak sekali manfaatnya terutama dalam mengatur keuangan. Selain itu, bisa mengurangi budaya masyarakat konsumtif yang ekstrim. Apalagi sekarang banyak sekali online shop yang memudahkan untuk belanja tanpa harus repot datang ke toko, hanya tinggal pilih barang yang ingin di beli, transfer uang setelah itu barang bisa diterima.

Oleh karena itu, gaya hidup minimalis sudah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, mau tahu apa saja manfaatnya jika Anda menerapkan gaya hidup minimalis?. Berikut penjelasannya:

Mengurangi Stres
Sering merasa barang-barang di rumah berantakan karena memang terlalu banyak?. Padahal baru kemarin Anda membereskan rumah. Dengan hidup minimalis, maka tidak ada lagi masalah klasik seperti itu. Barang-barang yang sedikit tentu jauh lebih mudah untuk dirapikan. Manfaatnya tentu saja mengurangi stres karena jadi tidak harus memikirkan soal beres-beres rumah setiap saat. Minim stres, minim ongkos ke dokter juga.

Punya Banyak Waktu Buat Kegiatan Produktif
Jika tidak perlu sering membereskan rumah, maka waktu tersebut bisa Anda pergunakan untuk kegiatan produktif. Misalnya, sepulang kantor, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sampingan dibandingkan harus terbeban beres-beres. Kerapian rumah terjaga, uang pun bertambah.

Punya Cukup Waktu Untuk Istirahat
Istirahat penting untuk produktivitas. Dengan istirahat, Anda seperti disegarkan kembali dan tenaga pun pulih. Besok siap untuk balik kerja, kan?

Bebas dari Keinginan Membanding-bandingkan
Ini yang paling krusial. Sering kali Anda jadi konsumtif karena membanding-bandingkan dengan orang lain. Misalnya teman ganti gadget, Anda tidak mau kalah. Temen yang lain beli tas baru, terus Anda merasa harus ganti tas juga. Ini karena budaya yang mengedepankan paham “punya yang baru adalah pertanda sukses”.

Bagi penganut gaya hidup minimalis, paham tersebut tidak berlaku. Kita tidak perlu minder saat tiak beli barang baru. Bukan tidak sanggup beli, tapi memang tidak perlu saja.

Tentu Saja Jauh Lebih Berhemat
Sering kali yang membuat Anda tidak sadar punya banyak pengeluaran di akhir bulan adalah karena mengeluarkan uang untuk hal-hal tidak penting.

Gaya hidup minimalis pasti akan mengerem Anda untuk belanja hal yang tidak dibutuhkan. Coba selama sebulan ini, dan hitung berapa jumlah penghematan yang Anda lakukan. Pada dasarnya, gaya hidup minimalis bukan tentang mengatur pengeluaran keuangan seketat mungkin, melainkan membantu seseorang untuk menetapkan prioritas. Pilihannya adalah kebutuhan atau keinginan?. Jelas pilih yang pertama dong untuk kesehatan finansial. (liputan6.com/Desy)

 

Loading...