oleh

Guys, Ini 6 Cara Rawat Mobil Mewah dengan Benar

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Mobil mewah saat ini sudah menjamur di Indonesia. Hal ini disebabkan banyaknya kalangan atas yang ingin tampil beda dan akan menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi mobil itu didatangkan dari luar negeri dengan harga miliaran, dan tentu memiliki dapur pacu yang sangat luar biasa.

Namun yang perlu Anda ketahui, meskipun mobil mewah dengan harga selangit pasti tetap butuh perawatan. Bahkan parawatannya juga butuh dana yang tidak sedikit. Hal ini dilakukan untuk menjaga mobil mewah Anda tetap prima melaju di jalan raya. Nah, ini ada beberapa cara merawatnya. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Panaskan Mesin Mobil dengan Tepat
Seperti mesin kendaraan pada umumnya dan tidak terkecuali mesin mobil mewah juga harus dipanasi setiap sebelum digunakan, namun untuk memanaskan mobil mewah sebaiknya jangan terlalu lama karena biasanya pada mobil-mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi kompresi canggih sehingga mesin pun cukup dipanaskan hanya hitungan menit saja. Jika terlalu lama justru hanya akan membuang bahan bakar secara percuma serta merusak beberapa komponen yang terdapat didalamnya.

Segera Ganti Komponen yang Dudah Rusak
Jika mobil mewah Anda sudah mencapai angka 10.000 km atau lebih sebaiknya jangan anggap sepele dan lakukan perawatan secara berkala, periksa beberapa komponen penting seperti saringan dan sistem pengereman. Jika sudah terlihat aus sebaiknya segera lakukan penggantian dengan yang baru, hal itu dilakukan supaya mobil tetap nyaman saat digunakan dan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Bagian rem harus dilakukan perawatan khusus karena pada komponen ini menjadi bagian paling vital terutama bagi mobil sport mewah yang sering sekali melaju dalam kecepatan tinggi.

Loading...

Gunakan Oli Berkualitas Tinggi dan Lakukan Penggantian Secara Rutin
Mobil mewah harus menggunakan oli yang memiliki kualitas jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil biasa, untuk itulah biasanya para distributor pun juga selalu menyarankan pemilik untuk menggunakan oli yang sesuai bagi kendaraannya. Jangan lupa selalu ganti oli setiap memasuki angka 5.000 km dan kelipatannya sekaligus untuk melakukan servis apakah ada komponen yang mengalami kerusakan.

Penggunaan BBM Harus Tepat
Melakukan pengisian bahan bakar pada mobil mewah tidak boleh sembarangan, kualitas oktan yang dimiliki setiap jenis BBM juga berbeda-beda jadi jangan gunakan bahan bakar yang memilki angka oktan lebih rendah dari yang disarankan oleh pabrikan. Apabila sampai salah maka efeknya pun langsung berimbas kepada mesin dan tidak menutup kemungkinan pula mobil mewah Anda terpaksa masuk bengkel gara-gara salah dalam melakukan pengisian. Biasanya mobil-mobil berharga miliaran tersebut menggunakan BBM khusus yang memiliki oktan tinggi.

Lakukan Pemeriksaan pada Komponen Gas Buang
Mobil mewah biasanya telah dilengkapi dengan teknologi katalik yang terdapat di bagian mufler, fitur ini berguna dalam mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan sehingga menjadi lebih ramah lingkungan, untuk itulah setiap melakukan servis kendaraan sebaiknya minta ke mekanik bengkel untuk memeriksa bagian gas buang agar tetap memiliki kinerja yang baik.

Baca Juga: Jambret Babak Belur Dihakimi Massa

Beri Cairan Aditif
Karena mobil-mobil berharga mahal ini memiliki sistem pembakaran yang sedikit berbeda sebaiknya lakukan tambahan formula aditif setiap melakukan pengisian bahan bakar. Hal ini dilakukan supaya melarutkan sulfur sekaligus meningkatkan nilai oktan yang terkandung di dalam BBM. Dengan demikian ruang bahan bakar pun menjadi bersih dan terhindar dari karatan.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: kaskus.co.id


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar