Guys, Ini 6 Tanda Anda Seorang Perfeksionis

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Ini 6 Tanda Anda Seorang Perfeksionis
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Sehingga sifat ini cenderung membuat seseorang sombong.

Terkadang orang yang perfeksionis seringkali tidak melakukan hal-hal yang sempurna. Sehingga kebanyakan orang tidak mengira bahwa orang itu perfeksionis. Namun untuk mengetahuinya, ada beberapa tanda. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Berpikir dan Bertindak Secara Ekstrem
Tidak ada ukuran setengah untuk Anda dan ini bukan perilaku yang sehat. Contohnya ketika diet, Anda benar-benar tidak akan makan apapun, kecuali minum air putih, benar?

Penundaan
Penundaan mungkin merupakan sifat yang paling kontraintuitif dari seorang perfeksionis, namun yang sebenarnya terjadi yaitu rasa takut akan kegagalan. Banyak perfeksionis yang menghindari pekerjaan yang tidak menyakinkan.

Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaan
Mengapa? Karena ketika mendekati tujuan akhir, Anda akan memikirkan sesuatu yang lain yang akan membuat pekerjaan tersebut lebih baik.

Selain itu, mendasarkan harga diri pada kualitas pekerjaan juga merupakan tanda perfeksionis. Ini benar-benar dapat menghalangi Anda untuk merasa baik-baik saja tentang diri sendiri dan pekerjaan.

Pendelegasian
Anda akan memastikan melakukan segala hal sendirian dan hal ini hanya akan semakin membuat stres, karena tanggung jawab yang semakin banyak dan besar.

Kesulitan Bersosialisasi
Banyak orang perfeksionis kesulitan berteman dengan orang. Mereka membenci penolakan.

Memperbaiki Kesalahan Masa Lalu
Satu hal tentang perfeksionis yaitu bahwa dari segala hal yang berjalan dengan benar, ada satu hal yang salah dan tidak bisa mereka lupakan dalam waktu yang lama.

Percayalah, perfeksionis bukan penyakit mental, walaupun akarnya yaitu rasa takut akan kegagalan. Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah merangkul kerentanan, biarkan orang lain melihat ketidaksempurnaan dalam diri Anda, bahwa manusia pasti bisa berbuat kesalahan. (liputan6.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.