Guys, Ini 7 Tanda Jantung Anda Sehat dan Terbebas dari Penyakit

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 7 Tanda Jantung Anda Sehat dan Terbebas dari Penyakit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu organ vital manusia yang harus dijaga kesehatannya, yaitu jantung. Sehingga setiap perubahan atau gangguan yang terjadi di dalamnya wajib diwaspadai. Misalnya, mengalami sesak napas, nyeri dada, dan sering kelelahan, hal ini menandakan bahwa jantung mengalami masalah.

Lantas, bagaimana ciri-ciri jantung yang sehat?. Menurut Dr Santosh Kumar Dora dari Cardiac Electro Physiologist, Asian Heart Institute, Mumbai, mengungkapkan, ada beberapa tanda yang bisa dikenali bahwa jantung seseorang sehat dan bebas dari penyakit. Apa saja?.

Berikut ini tujuh ciri :

1. Ketika Anda selalu merasa penuh energi dan beraktivitas seharian tanpa terasa berat atau mudah lelah, ini pertanda bahwa jantung Anda bekerja dengan baik.

2. Salah satu tanda umum dari lemahnya jantung adalah sulitnya bernapas, bahkan setelah Anda berjalan beberapa menit atau menaiki tangga. Namun, ketika Anda bisa melakukan aktivitas tersebut dan nafas Anda tidak tersengal-sengal, hal itu menandakan kalau jantung Anda berfungsi

3. Tanda lain dari sehatnya jantung adalah terjadi 72 denyut per menit (atau antara 70-80 denyut per menit).

4. Jika Anda tidak sering mengalami sesak di sekitar dada atau nyeri dada, ini pertanda bahwa jantung Anda bekerja secara sehat.

5. Tanda jantung sehat juga bisa terlihat dari pemeriksaan rutin jantung, termasuk kolesterol, tekanan darah, atau laporan ECG. Jika angkanya masuk dalam kategori normal, maka Anda tidak perlu khawatir.

6. Apakah berat badan Anda termasuk normal?. Jika ya, hal tersebut juga termasuk pertanda bahwa jantung Anda normal.

7. Tanda terakhir adalah saat Anda bisa melakukan aktivitas fisik tanpa timbul rasa tidak nyaman, sakit, atau adanya tekanan di dada, jangan khawatir. Sebab hal ini pertanda bahwa jantung Anda baik-baik saja.

Tujuh tanda di atas bisa menjadi refrensi bagi Anda yang ingin selalu menerapkan hidup sehat dan dapat terhindar dari penyakit jantung. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.