Guys, Ini Bukti 4 Manfaat Memelihara Hewan

Guys, Ini Bukti 4 Manfaat Memelihara Hewan
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Memelira hewan dirumah memang mempunyai banyak manfaat. Contohnya, saat rumah sedang sepi dan kosong, hewan bisa menjadi teman kita.

Banyak hal manfaat memelihara hewan yang ada, ini juga sudah masuk kedalam riset. Berikut manfaatnya.

Manfaat koneksi fisik

Menggelus-elus hewan peliharaan pasti rasanya cukup menenangkan. Kontak fisik semacam ini, ternyata, memiliki efek positif pada kondisi mental kita. Riset yang dilakukan oleh Mental Health Foundation dan Cats Protection, dua organisasi amal di Inggris, telah menemukan manfat besar dari memelihara kucing.

Dalam riset ini, peneliti melihat bagaimana merawat kucing mempengaruhi depresi manusia. Riset dilakukan dengan mempelajari 600 orang yang melihara kucing dan hewan lainnya. Hasil riset menemukan, 87 persen pemilik kucing mengatakan hewan berbulu ini berdampak positif pada kesehatan mental mereka. Bahkan, sepertiga peserta riset mengatakan membelai kucing adalah kegiatan yang menenangkan dan sangat membantu.

Memperbaiki gaya hidup

Riset yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health telah menemukan hubungan antara gaya hidup dan memelihara hewan. Riset dilakukan dengan mengamati kebiasaan gaya hidup lebih dari 40.000 orang dewasa untuk menentukan seberapa tinggi aktivitas fisik para pemelihara hewan.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Hasil menunjukan, pemilik anjing lebih jarang menggunakan transportasi daripada pemilik kucing atau mereka yang tak memiliki hewan peliharaan. Dengan kata lain, pemilik anjing lebih sering untuk berjalan kaki. Ini berarti memelihara hewan bisa meningkatkan aktivitas fisik kita. Tentu saja, gaya hidup aktif sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Meningkatkan ketenangan diri

Memelihara hewan juga ampuh mengatasi stres dalam diri. Riset yang diterbitkan di jurnal Psychosomatic Medicine telah membuktikan hal ini. Riset dilakukan dengan meminta peserta untuk menyelesaikan tes matematikan dalam batas waktu yang diberikan. Peserta dalam riset terdiri dari mereka yang memelihara hewan dan tidak memiliki hewan peliharaan.

Hasilnya, peserta yang memelihara kucing atau anjing cenderung tak memiliki peningkatan denyut jantung dan tingkat tekanan darah. Ketika hewan peliharaan mereka dibawa ke dalam ruangan, peserta yang memelihara hewan membuat kesalahan lebih sedikit saat dilakukan pengujian.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Belajar menjadi pemimpin yang baik

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Rumah Sakit Hewan Banfield dan Kelton Research, memiliki hewan peliharaan dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan profesional kita. Hasilnya, sebesar 86 persen pemilik hewan peliharaan memiliki manajemen waktu dan keterampilan multitasking yang lebih baik karena hewan peliharaan mereka. Memelihara hewan sejak dini juga memiliki manfaat serupa.

Survei membuktikan 99 persen responden mengaku anak-anak mereka lebih berhasil di sekolah jika mereka merawat hewan peliharaan. Memiliki teman yang mencintai kita apa adanya memang menjadi hadiah terbaik dalam hidup. Hewan peliharaan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan teman yang mencintai kita tanpa syarat.

Itulah 4 manfaat yang dapat kita rasakan saat memelihara hewan. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Anek)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.