Guys, Ini Pentingnya Fungsi Wheel Alignment Pada Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini Pentingnya Fungsi Wheel Alignment Pada Mobil yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda menyadari kondisi kemudi terasa membuang ke kiri atau ke kanan?. Hal ini merupakan salah satu pertanda jika mobil Anda perlu melakukan atau yang kerap disebut dan .

Menurut seorang Manager Bosch, Dedy Ismanto, mengatakan, bahwa cara mengenali gejala ban atau roda yang kondisinya sudah tidak baik lagi dan bisa dirasakan saat Anda menyetir. Di antaranya, kemudi terasa bergetar saat berjalan, dan ban akan menarik ke salah satu arah.

Nah jika sudah begini, Dedy menyarankan, untuk segera melakukan spooring dan balancing. Balancing berfungsi untuk membuat roda bagian depan dan belakang menjadi parallel menggunakan alat wheel balancer, untuk mengetahui titik berat yang tidak balance atau seimbang.

Selain itu, roda akan diberi pemberat timah atau weight balance yang dipasang pada pelek roda, sesuai dengan beban yang dibutuhkan.

Sedangkan spooring bertujuan untuk menyelaraskan roda bagian depan kanan dan kiri. Serta menjaga stabilitas kendaraan yang meliputi, setir yang ringan, menjaga gaya putar setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas.

Dedy menganjurkan, apabila ingin melakukan spooring, kondisi kaki-kaki yakni ball-joint dan ban atau roda harus dalam kendaraan normal atau tidak rusak. Jika tidak, maka hasil pengerjaannya tidak akan maksimal. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.