oleh

Guys, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Kerja Keras Kalian tidak Percuma

PortalMadura.Com – Kerja keras adalah suatu hal yang dilakukan oleh setiap orang untuk menyambung kehidupannya.

Berkarir merupakan pilihan semua orang. Namun tidak jarang mereka terlalu larut mengejar materi dan melupakan kewajiban-kewajiban yang harus mereka lakukan diluar sana.

Bekerja keras memanglah penting, Namun ada hal yang lain yang juga jauh lebih penting untuk kita perhatikan. Kebahagian diri sendiri contohnya. Seringkali kita sebagai pekerja melupakan kebahagiaan diri kita sendiri dan terlalu ambisius dalam mengejar materi.

Kita kurang memperhatikan diri sendiri, kurang memanjakan diri, kesehatan fisik, juga kesehatan psikologis karena terlalu banyak tekanan yang ada di tempat kerja, sehingga kerja keras yang kita lakukan selama ini terkesan sia-sia.
Lalu apa yang harus kita lakukan agar kerja keras kita tidak hanya memforsir otak, pikiran, dan juga fisik yang akhirnya akan terkesan sia-sia karena kita terlalu banyak tekanan ? Mari kita simak caranya.

Jangan abaikan kesehatan

Terlalu lama bekerja dan menguras tenaga, tentu membutuhkan asupan makanan yang baik dan bergizi untuk mengembalikan tenaga yang telah terpakai. Namun alih-alih memahami hal ini dan menjalankannya dengan baik, Anda justru tidak memiliki disiplin yang baik untuk makan dan minum secara teratur.

Anda seringkali mengabaikan jam makan, bahkan meski tubuh telah lapar dan membutuhkan sumber tenaga yang baru. Hal ini akan membuat kesehatan menurun dan bisa saja berakhir di rumah sakit.

Ketika tubuh terlalu lelah dan tidak mendapatkan asupan makanan yang baik dan tepat, maka tubuh akan sakit dan tidak lagi mau diajak kompromi. Anda sendiri yang akan rugi, sebab tubuh tidak akan mampu bekerja dengan baik lagi, bahkan mungkin akan membutuhkan istirahat selama beberapa hari di rumah sakit untuk pemulihan.

Tifus menjadi penyakit yang kerap menyambangi pekerja keras yang tidak disiplin makan dan juga istirahat, jadi jangan sampai Anda didatangi penyakit ini.

Istirahat yang cukup

Memaksakan diri untuk bekerja siang malam, tanpa memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat adalah sebuah kesalahan fatal. Anda mungkin selalu memiliki semangat dan motivasi yang kuat untuk bekerja setiap waktu, namun tidak dengan tubuh.

Tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup dan sesuai dengan ketentuan yang seharusnya, agar tubuh tetap fit dan bisa bekerja dengan baik.
Jika Anda selalu mengabaikan jam istirahat, maka lama kelamaan tubuh Anda juga akan meradang dan mengalami kelelahan yang berlebihan, sehingga Anda bisa saja jatuh sakit.

Sempatkan waktu bersama keluarga

Ketika Anda begitu berambisi untuk mendapatkan sejumlah uang dari pekerjaan, mungkin saja keluarga menjadi alasan dan motivasi besar Anda untuk melakukannya. Namun, dalam proses meraih semua itu, seringkali Anda melupakan mereka dan bahkan tidak lagi memiliki waktu untuk bersama dengan mereka.

Tidak ada makan malam, sarapan, atau bahkan akhir pekan yang menyenangkan karena Anda akan sangat lelah dan menghabiskan akhir pekan Anda dengan jam tidur yang panjang. Anda begitu lelah dan tidak memiliki waktu untuk sekedar bercerita atau bahkan sesekali pergi makan malam bersama mereka.

Lalu, untuk apa semua uang yang kamu hasilkan selama ini, jika Anda harus kehilangan waktu yang berharga bersama dengan orang-orang yang Anda cintai?

Menabung dan berbagi

Gaji yang besar dan juga jabatan yang lumayan, Anda tentu patut bersyukur atas hal tersebut. Namun bersyukur saja tentu tidak cukup, sebab Anda juga harus memikirkan masa depanmu.

Jika Anda tidak menabung dan memiliki sejumlah simpanan dan juga investasi, maka semua kerja keras Anda tentu akan sia-sia belaka, sebab Anda hanya bekerja untuk berbagai kebutuhan yang bersifat konsumtif saja.

Bukan hanya itu saja, tidak berbagi dengan dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk sesama tentu akan mengurangi nikmat dari keberhasilan. Memberi akan membuat kaya, jadi jangan pernah lupakan untuk selalu berbagi dengan sesama, berapapun jumlah gaji setiap bulannya, selalu sisihkan untuk mereka yang membutuhkan.

Lupa bersosialisasi

Teman akan menjadi tempat Anda menyampaikan apapun yang menjadi keluh-kesah di dalam hidup, rasa sedih, senang, atau bahkan sejumlah mimpi-mimpi yang sedang dikejar.

Mereka akan menemani Anda tertawa, menangis, atau bahkan sekedar melakukan hal-hal konyol yang membuat kalian bahagia.
Namun Anda terlalu sibuk bekerja dan kini tidak lagi memiliki waktu untuk orang-orang ini. Atau lebih parahnya, Anda mulai melupakan mereka. Artinya, Anda telah kehilangan sebagian kebahagiaan, padahal sebenarnya Anda bisa saja tetap memilikinya.

Itulah tips agar kerja keras kita tidak sia-sia. Intinya adalah kita sebagai manusia harus sadar dan mengontrol nafsu kita dan tidak terlalu berambisi untuk mengejar materi dan dunia. Semoga bermanfaat guys. (merdeka.com/Anek)



Komentar