oleh

4 Hal Ini Merupakan Tanda Keredupan Umat Islam

PortalMadura.Com – Hidup didunia pasti mengalami banyak perubahan. Entah itu perkembangan teknologi, transportasi dan lain-lain termasuk juga agama.

Semakin modernnya zaman, banyak hal yang tidak dapat kita pungkiri bahwa orang-orang zaman sekarang lebih peduli terhadap smartphonenya dari pada melaksanakan ibadah yang sudah menjadi kewajibannya.

Kehidupan dunia memang mengalami pasang surut, ada fase masa gemilang, kemudian mengalami masa kemunduran , lalu bersinar kembali. Perubahan ini disebabkan banyak faktor, baik eksternal maupun internal.

Imam al-Qusyairi dalam Risalah-nya menceritakan bahwa ia pernah mendengar dari Muhammad bin Husain yang mendengar dari Abu Bakar ar-Razi yang berkata, saya telah mendengar dari Muhammad bin Al-Fadl yang menjelaskan bahwa Islam akan mulai meredup ajarannya bila sudah ada empat tanda ini, diantaranya adalah:

Pertama, bila umat islam sudah tak mau menjalankan ajaran yang mereka ketahui. Ketika dalam kondisi ini Islam hanya sekedar nama saja, karena Umat tak mau menjalankan perintah-Nya, sehingga Islam hanya simbol belaka.

Kedua, bila umat Islam mengamalkan ajarannya tapi tidak didasari oleh ilmu. Padahal ilmu merupakan imamnya amal, karena amal tanpa ilmu tak akan diterima oleh Allah.

Ketiga, bila umat Islam tak mau belajar sesuatu yang ia tak mengetahuinya, lebih-lebih kewajiban yang harus dijalankan sehari-hari harus didasari ilmu, maka ia harus mempelajarinya.

Keempat, yang paling menghawatirkan bila umat Islam melarang orang lain yang hendak belajar tentang sesuatu yang menjadi kewajibannya baik dalam ibadah maupun muamalah.

4 hal diatas menjadi penyebab umat Islam mengalami kemunduran. Maka dari itu agar Islam sebagai agama yang membawa rahmat ke semua makhluk, maka yang harus dilakukan umatnya adalah belajar, mengkaji berbagai disiplin ilmu pengetahuan, serta mengaplikasikan dalam kehidupannya sehingga terlihat syiar agamanya.

Kita sebagai umat islam juga tidak boleh terlalu terlenaa dengan gadget. Kita harus mengontrol diri untuk tidak melakukan hal yang maksiat dan memilih untuk lebih taat dan melaksanakan ibadah serta perintah-Nya dengan sungguh-sungguh.

Semoga kita lebih sadar diri dan selalu berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari hal-hal yang maksiat dan melenceng dari jalan yang di ridhoi-Nya. Semoga bermanfaat, Amiiin. (islami.co/Anek)


Tirto.ID
Loading...

Komentar