Guys, Kenali 5 Cara Jitu Atasi Laptop Lambat

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Kenali 5 Cara Jitu Atasi Laptop Lambat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman sekarang ini, penggunaan laptop memang lebih populer dibandingkan desktop PC. Alasannya, tentu saja karena faktor mobilitas yang membuatnya mudah dibawa kemana-mana, sehingga tidak membuat pengguna kerepotan.

Terlebih, seiring perkembangan waktu, bobot dan ukuran laptop makin ringkas. Hal itu tentu membuat penggunaan laptop kian tinggi, terutama bagi pekerja atau mahasiswa dengan mobilitas tinggi.

Meskipun begitu, bukan berarti laptop bebas dari masalah pengoperasian yang lambat atau lemot. Sama seperti PC, laptop dengan sistem operasi Windows dapat berjalan tidak sebagaimana mestinya. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, saat laptop Anda tiba-tiba mengalami masalah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Berikut lima cara ampuh mengatasi laptop lemot:

Ganti Harddisk dengan SSD
Salah satu hal yang membuat kinerja laptop lambat adalah kecepatan data dari harddisk ke prosesor berjalan lambat. Untuk itu, ada baiknya Anda mengganti harddisk dengan SSD. Namun sebelum melakukannya, Anda perlu memastikan bahwa laptop Anda mendukung. Jika kurang yakin, Anda dapat membawa laptop Anda ke pihak yang lebih ahli atau layanan purna jual resmi.

Lakukan Upgrade RAM
Biasanya, saat membeli laptop baru, produsen hanya membekalinya dengan RAM 2GB atau 4GB. Padahal, melihat perkembangan software saat ini, kapasitas RAM tersebut kurang memadai. Oleh sebab itu, Anda perlu memikirkan opsi untuk menambah kapasitas RAM. Untuk menjamin kinerjanya, RAM 8GB dirasa paling minimal untuk dapat digunakan di laptop saat ini.

Mulai Lakukan Perawatan Hardware Rutin
Salah satu yang kerap dilupakan pengguna laptop adalah merawat hardware atau komponen laptop secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh komponen dapat berjalan dengan baik. Anda bisa melakukan pembersihan komponen mulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste. Apabila dirasa tidak mahir melakukannya, Anda dapat meminta bantuan pihak lain yang lebih ahli.

Uninstall Software yang Tidak Perlu
Saat memakai laptop, tidak jarang pengguna memasang beragam software untuk banyak keperluan. Sementara pada kenyataannya, tidak seluruh software itu digunakan secara rutin. Untuk itu, cara ampuh lain untuk memastikan laptop tidak berjalan lemot adalah menghapus software yang tidak dibutuhkan. Selain membuat performa lebih optimal, kapasitas penyimpanan juga bertambah lega.

Baca Juga: Ini 4 Tips Mudah Atasi Performa Laptop Lambat

Reset atau Atur Ulang Windows di Laptop
Sistem operasi Windows juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi lambat. Hal itu dapat terjadi apabila sistem Windows menjadi error akibat pemakaian sotfware tidak optimal. Apabila kondisi ini yang terjadi, satu-satunya jalan untuk memastikan laptop berjalan seperti biasa adalah dengan melakukan install ulang atau reset Windows yang digunakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.