Guys, Ketahui Waktu Ideal Untuk Gosok Gigi

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Ketahui Waktu Ideal Untuk Gosok Gigi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menggosok gigi itu penting. Bahkan, kita disarankan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari. Saat pagi setelah bangun tidur dan pada malam hari menjelang tidur. Tidak hanya itu, kita juga disarankan untuk setelah makan. Terutama jika makanan tersebut merupakan makanan yang terlalu banyak mengandung gula atau bahan sejenisnya.

Demi kesehatan mulut dan gigi, sebaiknya juga perlu diperhatikan cara gosok gigi yang tepat agar gigi tetap sehat dan kuat. Disamping itu, berapa banyak waktu yang dilakukan untuk menggosok gigi juga perlu diperhatikan lho.

Para ahli mengungkapkan, bahwa menggosok gigi terlalu cepat, terlalu sering atau terlalu lama akan miliki efek yang cukup mengerikan buat kesehatan gigi. Umumnya, orang akan menggosok gigi di bawah waktu 2 menit. Namun ternyata, kebiasaan tersebut sangat disayangkan oleh para ahli.

Disarankan, sebaiknya waktu untuk menggosok gigi adalah selama 2 sampai 3 menit. 1 atau 1,5 menit untuk menggosok gigi bagian atas dan 1 atau 1,5 menit untuk menggosok gigi bagian bawah. Waktu tersebut dikatakan sebagai lama waktu ideal untuk menggosok gigi.

Dokter gigi Sally Cram asal Washington DC, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa menggosok gigi minimal 2 menit sangat mungkin menyebabkan gigi mengalami masalah plak gigi. Sementara itu, orang yang menggosok gigi lebih dari dua menit ditemukan lebih kecil kemungkinan mengalami masalah plak gigi.

Penelitian yang diterbitkan ke dalam International Journal of Dental Hygiene (2002) menyebutkan bahwa, gosok gigi minimal 2 menit bisa mencegah masalah plak gigi hingga 41 persen. Sedangkan menggosok gigi selama 1 menit bisa mencegah plak gigi hingga 21 persen.

Tentu, untuk mendapatkan gigi sehat dan kuat serta terbebas dari plak, menggosok gigi saja tidaklah cukup. Kita juga harus memperhatikan pola makan dan pola minum, serta menjaga kebersihan mulut. Tidak lupa lakukan juga medical check up gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Itulah waktu yang ideal untuk menggosok gigi. Semoga bermanfaat (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.