Guys, Lakukan 3 Kebiasaan Ini Agar Tubuh Tetap Bugar

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Lakukan 3 Kebiasaan Ini Agar Tubuh Tetap Bugar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih susah daripada mendapatkan, ungkapan itu mungkin benar bagi sebagian orang yang tidak konsisten dengan tujuan mereka. Samahalnya untuk mempertahankan tubuh yang bugar, konsistensi merupakan kunci yang harus dijaga sebgai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Bila kita ingin memiliki dan sehat, yang harus kita lakukan adalah dengan memiliki gaya hidup untuk mendorong tumbuhnya kebugaran dan kesehatan. Hal tersebut bisa bisa Anda lakukan dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan gaya hidup sehat.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat tubuh Anda tetap bugar.

1. Aktif bergerak setiap hari

Sesibuk apapun Anda usahakan sisihkan waktu untuk melakukan gerakan secara konsisten. Seperti 60 atau 20 menit untuk melakukan beberapa gerakan ringan, namun gerakan tersebut harus Anda lakukan secara rutin setiap harinya.

Untuk memacu tubuh agar aktif bergerak, lakukan gerakan aktif seperti olahraga intensif 2-4 kali dalam seminggu. Artinya, ada beberapa hari yang digunakan tanpa gerakan aktif.

Pada dasarnya tubuh manusia dirancang untuk bergerak. Tanpa melakukan gerakan, tubuh tidak akan bisa berkembang.

Jadi, sisihkan waktu Anda untuk bergerak. Terlepas dari olahraga atau tidak, cobalah untuk melakukan gerakan.

Gunakanlah hari-hari tertentu untuk berolahraga, sisanya gunakan untuk melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki, peregangan, melatih pernapasan atau apapun yang disukai.

2. Jangan mengonsumsi gula usai makan

Sesungguhnya, keinginan mengonsumsi gula usai makan bukanlah kebutuhan. Hal tersebut hanyalah kebiasaan yang dikembangkan dari waktu ke waktu.

Kini, sudah terbiasa dan bahkan menjadi kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan pencuci mulut usai menyantap makanan utama.

Tentu, hal tersebut adalah salah satu kebiasaan yang harus dihentikan. Anda bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi hidangan penutup dengan makanan yang lebih bergizi.

Buah adalah pilihan sederhana yang layak untuk dicoba sebagai menu penutup. Buah juga meruapakan pilihan yang ideal dibanding dengan kue atau es krim. Meskipun buah masih memiliki kandungan gula, namun kalori dalam buah cukup rendah dan dapat menekan nafsu makan.

Namun tidak hanya buah yang bisa Anda jadikan alternatif untuk makanan penutup. Anda bisa memilih menu lain yang memiliki kandungan gula rendah, seperti, keju, yogurt, kacang kacangan, susu atau air mineral.

Terapkan hal tersebut selama beberapa minggu, maka kebiasaan mengonsumsi hidangan manis sebagai menu penutup pasti akan hilang.

3. Berhenti makan sebelum kenyang

Berbicara tentang kebiasaan adalah bicara juga tentang perasaan. Hal tersebut terjadi karena saat melakukan aktivitas apa pun, otak membuat kita merasa dengan cara tertentu dan membuat kita ingin melakukannya lagi.

Seperti, mengonsumsi gula, mengisap rokok, berolahraga, mendengarkan musik dan bahkan membantu orang, ini menghasilkan jenis perasaan yang ingin kita kembali melakukannya.

Begitu terbiasa dengan perasaan tersebut, kita akan mulai menyukainya, dan ingin kembali melakukan hal yang sama agar dapat merasakan pengalaman serupa. Efek seperti ini juga bekerja pada kebiasaan makan yang berlebihan.

Siapa yang tidak suka makan ? Makan akan selalu menjadi hal yang menyenangkan. Namun tetap keputusan ada di tangan Anda. Saat melihat makanan yang berlimpah, maka yang harus memaksa diri untuk berhenti makan adalah diri sendiri.

Sebagian besar orang terbiasa untuk makan sampai kenyang. Sebenarnya, hal yang tepat adalah makan dengan ‘baik'. Dan makan dengan ‘baik' bukanlah makan sampai kenyang, tetapi makan secukupnya.

Jadi, agar tubuh tetap bugar dan sehat yang harus kita lakukan adalah makan dengan cukup dan tidak berlebih.

Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah berhenti makan saat kita puas bukan saat kenyang. Sulit memang memastikan kapan kita akan merasa puas.

Tidak ada cara yang pasti untuk menentukan apakah kita telah makan dengan cukup. Namun, berlatih untuk mendengarkan tubuh akan membuat kita menyadarinya dengan cepat.

Saat Anda terbiasa mendengarkan tubuh, maka akan terbiasa juga merasakan sensasi kenyang dan perasaan ringan.

Dengan cara ini, tubuh akan mampu berhenti makan sebelum kenyang yang membantu untuk tetap mengonsumsi nutrisi yang cukup tanpa mengalami yang namanya penumpukan lemak.(kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.