PortalMadura.com

Guys, Lakukan 8 Trik Ini Saat Renovasi Rumah di Tahun Baru

  • Minggu, 17 Desember 2017 | 21:00
Guys, Lakukan 8 Trik Ini Saat Renovasi Rumah di Tahun Baru

PortalMadura.Com – Tahun baru biasanya ada beberapa hal yang perlu diperbarui, salah satunya yaitu rumah. Karena jika tempat tinggal lebih nyaman dari sebelumnya, pasti akan lebih bersemangat untuk bekerja dan berkarya di tahun depan.

Apalagi jika rumah yang Anda tempati sering bocor, terlihat kusam, dan tua. Sebaiknya Anda tidak perlu menunda untuk merenovasi rumah di ujung tahun ini. Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan sebelum merenovasi rumah. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Buat Perencanaan
Langkah terpenting ialah Anda membuat perencanaan renovasi. Antara lain memilih arsitek yang akan mendisain wajah rumah baru Anda. Setelah Anda menyetujui disain, Anda menghitung dana yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan bahan material yang direncanakan bersama arsitek.

Jika Anda tidak menggunakan jasa arsitek, Anda bisa berdiskusi tentang bentuk rumah dan biayanya dengan koordinator tukang bangunan yang kamu percayai untuk mengerjakan renovasi rumah.

Skala Prioritas
Selama perencanaan disain dan bagian yang akan direnovasi, Anda harus membuat skala prioritas. Jika prioritas Anda menambah kamar dan menggeser kamar mandi, misalnya, Anda harus mengutamakan dua pekerjaan itu.

Jangan sampai Anda tergoda untuk melakukan renovasi bagian rumah yang bukan prioritas Anda saat ini sehingga anggaran membengkak.

Gunakan Bahan yang Masih Bisa Dimanfaatkan
Selama renovasi rumah, pastikan Anda tetap akan menggunakan bahan bangunan lama yang masih bisa digunakan. Misalnya, lantai keramik yang masih bisa digunakan kembali, kenapa harus Anda buang? Dengan cara ini Anda bisa menghemat biaya renovasi rumah.

Pahami Rincian Biaya Renovasi Rumah
Selama renovasi rumah, Anda dan kontraktor harus memiliki rincian detil anggaran dari semua rencana pekerjaan di semua bagian. Misalnya biaya pembuatan kamar mandi dan kamar tidur. Pastikan bahan bangunan yang digunakan dan biaya per meternya. Begitu juga biaya di bagian lain.

Dengan detil seperti itu Anda akan mendapatkan gambaran pekerjaan tukang dan biayanya. Rencana detail itulah yang menjadi pegangan Anda dan kontraktor.

Membeli Bahan Bangunan Sendiri
Agar lebih hemat, Anda membeli bahan bangunan sendiri. Selain hemat, cara ini membuat Anda lebih tenang dalam mengatur biaya renovasi. Kontraktor hanya memberikan estimasi biaya dan jenis bahan bangunannya. Buatlah perjanjian di awal bahwa Anda akan membeli semua bahan bangunan sendiri, tidak diwakilkan kepada kontraktor.

Jeli Memilih Kontraktor dan Tukang Bangunan
Memilih kontraktor dan tukang merupakan tahap yang sangat krusial dalam renovasi rumah. Pilihlah kontraktor yang telah memiliki pengalaman yang mumpuni. Pengalaman ini bisa dibuktikan dengan contoh hasil renovasi rumah yang telah dia kerjakan.

Selain itu, pastikan rekam jejak kontraktor tersebut cukup baik, tidak mengecewakan. Rekam jejak bisa Anda tanyakan kepada konsumen yang rumahnya telah dikerjakan oleh kontraktor.

Membuat Perjanjian
Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis dengan kontraktor agar Anda dan kontraktor mempunyai ikatan pekerjaan yang jelas. Di dalam perjanjian kerja tersebut, Anda jelaskan lingkup pekerjaan, tanggungjawab masing-masing pihak, rencana waktu pekerjaan, dan biayanya.

Minta Garansi Tiga Bulan
Setelah renovasi rumah selesai, kontraktor biasanya memberikan garansi waktu selama tiga bulan. Selama tiga bulan itu, jika pemilik rumah masih merasakan keganjilan atas pekerjaan kontraktor, kontraktor harus memperbaikinya.

Misalnya, pemasangan keramik tidak rata, atap rumah masih bocor, ada kesalahan pemasangan pipa air, hingga dinding rumah yang mengelupas, semua itu masih ditanggung oleh kontraktor, tanpa perlu biaya sepeserpun dari Anda. (liputan6.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional