Guys, Perhatikan Hal Ini Jika Anda Terpaksa Ganti Ban Motor Bekas

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Perhatikan Hal Ini Jika Anda Terpaksa Ganti Ban Motor Bekas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kini sudah banyak ditemui di pasaran yang memperjualbelikan ban bekas. Biasanya, sebagian orang memilih ban ini ketika terjadi kebocoran dan tidak mempunyai biaya lebih untuk membeli ban baru. Baik itu ban luar atau ban dalam bekas.

Akan tetapi saat Anda terpaksa harus membeli ban bekas, jangan asal memilihnya saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli ban bekas. Salah satunya perhatikan kedalaman kembangan dari ban itu sendiri.

“Biasanya ada titik indikator namanya TWI (tread wear indicator), di antara kembangan di kedalaman itu, ada satu karet yang agak nonjol,” Ujar pemilik bengkel Rumah Ban Motor, Aldrin.

Aldrin melanjutkan, kalau sudah kena atau sudah rata sama indikator itu, biasanya sudah harus diganti. Sebenarnya, tanda ban itu sudah haus. Selain itu, juga ada oknum-oknum iseng yang membuat ban bekas secara kasat mata memiliki kembangan yang masih bagus.

“Dibatik ulang, biasanya kalau ban sudah botak. Biar kembangannya masih terlihat dalam itu diseset lagi dia, dibuat kembangan sendiri manual, biar keliatannya masih dalam kembanganya, masih bagus,” tuturnya.

Sedangkan untuk ban dalam bekas, lanjut Aldrin, hanya perlu memeriksa tingkat kelenturan dari ban dalam itu sendiri.

“Sudah kaku atau belum. Biasanya kalau sudah kaku itu tandanya dia sudah lama akhirnya kaku, nah kaku sendiri kan getas lebih rentan bocor,” pungkasnya. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.