Guys, Stop Kebiasaan Tunda Pekerjaan dengan 5 Langkah Mudah Ini

Guys, Stop Kebiasaan Tunda Pekerjaan dengan 5 Langkah Mudah Ini
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Seseorang dalam kegiatan sehari-hari biasanya selalu dilibatkan dengan tugas atau tanggungjawab tertentu yang harus dikerjakan, entah pekerjaan rumah, sekolah ataupun kantor. Namun, sebagian orang justru lebih memilih menundanya karena bermacam alasan sehingga ketika pekerjaan itu sudah mendesak barulah dikerjakan.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sangatlah tidak baik?. Tidak hanya bisa merugikan orang lain tetapi bagi Anda sendiri tentunya juga akan dirugikan. Pasalnya, kebiasaan menunda pekerjaan bisa menurunkan produktivitas kerja hingga akhirnya menghambat kesuksesan seseorang.

Nah, seharusnya mulai sekarang Anda tidak boleh membiarkan ini terjadi dan terus upayakan untuk merubahnya. Lantas, bagaimana caranya?. Berikut ini langkah-langkah mudah untuk menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan:

Membuat Daftar Pekerjaan
Tidak hanya membuat daftar pekerjaan, Anda juga harus melakukannya. Anda harus disiplin dan mematuhinya. Jika tidak, maka daftar pekerjaan ini tidak akan berguna. Pilah-pilah juga pekerjaan yang akan Anda daftar. Misalkan membedakan antara pekerjaan di rumah dan di kantor. Ini akan memudahkan Anda mengaturnya.

Membuat Prioritas
Setelah mendaftar semua pekerjaan yang Anda miliki, sekarang saatnya membuat prioritas. Pekerjaan apa yang lebih penting dari yang lain, atau apa yang harus didahulukan. Hal ini juga membantu Anda untuk fokus.

Ada baiknya Anda juga memberikan prioritas seperti “harus dilakukan segera”, “harus dilakukan”, atau “ingin dilakukan”.

Menyediakan Waktu untuk Gangguan
Pekerjaan Anda pasti selalu terhambat oleh gangguan yang datang. Seringkali gangguan itu juga disebabkan oleh Anda sendiri. Misalkan membuka jejaring sosial saat Anda bekerja, membalas sms teman, melihat video, atau berbalas e-mail.

Sediakan waktu untuk gangguan-gangguan ini, katakanlah 15 menit. Anda bisa melakukan semua hal itu dalam waktu yang Anda tentukan. Setelah itu, Anda harus kembali fokus pada pekerjaan Anda.

Ukur Waktu
Cobalah untuk memberikan batasan waktu pada pekerjaan Anda, walaupun ini tidak ditetapkan oleh Bos Anda. Adanya batas waktu akan membuat Anda lebih fokus dan serius dalam menyelesaikan pekerjaan. Ini juga dapat membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan efektif.

Penghargaan Pada Diri Sendiri
Setelah melakukan semua hal di atas dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa menunda, sekarang saatnya untuk memberikan penghargaan untuk diri Anda sendiri.

Tetapkan penghargaan untuk diri Anda ketika Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Misalkan Anda boleh menyewa film, atau bersantai di sore hari. Ini akan membuat Anda termotivasi. Selain itu, diri Anda tidak akan terus-menerus tegang, karena setelah mengerjakan pekerjaan, diri Anda merasa dihargai.

Guys, itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba dan terapkan untuk membuat pekerjaan Anda semakin efektif. Mulai sekarang, berhentilah menunda-nunda lagi. Masa depan Anda berada pada keputusan Anda sendiri. (merdeka.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.