H-6 Sebelum Lebaran Terjadi Kenaikan Jumlah Pemudik

Avatar of PortalMadura.com
H-6 sebelum lebaran terjadi kenaikan jumlah pemudik
Penumpang Kapal Motor (KM) DOBONSOLO tujuan Semarang, Jawa Tengah, mengantre memasuki badan kapal sebelum diberangkatkan di Terminal Nusantara Pura 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara , Indonesia pada Rabu 13 Juni 2018. Sebanyak 1.473 orang beserta 673 unit kendaraan roda dua mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam rangka merayakan Idhul Fitri 1439 Hijriah di kampung halaman mereka. (Eko Siswono Toyudho - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, Budi Karya Sumadi mencatat pada 30 Mei 2019 atau enam hari sebelum lebaran (H-6 lebaran) telah terjadi kenaikan jumlah pemudik yang signifikan, ditandai dengan jumlah pemudik di pintu tol Cikarang Utama yang terpantau padat.

“Dari pantauan kami hari ini memang ada kenaikan jumlah pemudik dan bahkan pemudik itu berangkat lebih awal. Ditandai dengan satu jumlah pemudik yang ada di Cikarang Utama,” ujar Menhub di Jakarta.

Menurut dia kenaikan jumlah pemudik rata-rata setiap Tahunnya mencapai 4-7 persen.

Apalagi kata dia dengan adanya infrastruktur yang telah rampung seperti jalan tol dari Merak hingga Probolinggo maka minat pemudik melalui jalan darat semakin banyak

“Kami belum bisa memastikan jumlahnya tapi dengan antusiasme masyarakat yang baru kita perkirakan baru besok puncak mudik, hari ini sudah mencapai suatu puncak,” sebut dia. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (31/5/2019).

Menhub berharap kepadatan ini relatif merata karena waktu mudik yang relatif panjang dari tanggal 30 Mei sampai dengan tanggal 4 juni 2019.

“Kita harapkan ini bisa berjalan dengan baik dan kepadatan yang rata bukan hanya di tanggal 30 Mei atau 31 Mei saja, tapi rata ke tanggal 1-4 juni, sehingga mereka yang mudik mendapatkan suatu layanan yang baik,” kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.