Hadiri Pelantikan Karang Taruna, Wabup Sumenep Titip Kesejehteraan Masyarakat

Avatar of PortalMadura.Com
Hadiri Pelantikan Karang Taruna, Wabup Sumenep Titip Kesejehteraan Masyarakat
Wabup Sumenep, Achmad Fauzi

PortalMadura.Com, Wakil Bupati Sumenep, mengemukakan, bahwa yang merupakan organisasi kepemudaan yang dilindungi undang-undang harus mampu berkarya demi kesejehteraan masyarakat.

“Karang Taruna yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, maka tidak dibatasi untuk melakukan kerjasama dengan siapapun dan lembaga manapun demi tercapainya kesejehteraan masyarakat,” tegas Achmad Fauzi pada pelantikan Karang Taruna Paseban Agung Arya Wiraraja, Desa , , Sumenep, Kamis (29/12/2016).

Menurutnya, para kader Karang Taruna harus bisa melihat peluang dan potensi yang ada di Desa Juruan Laok, semisal kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

Diakui, selama menjabat Wakil Bupati Sumenep, baru pertama kali yang diundang secara khusus dalam kegiatan Karang Taruna. Untuk itu, politisi PDI Perjuangan ini, juga berpesan agar kader Karang Taruna ikut bertanggung jawab dalam masalah sosial kemasyarakatan.

“Ya, harus mampu mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial. Salah satunya, yang saat ini marak dan membahayakan kader bangsa adalah peredaran narkoba. Karang Taruna harus ambil bagian melakukan sosialisasi pada masyarakat,” tegasnya.

Dana

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi juga meminta kepada Kepala Desa agar menganggarkan secara khusus untuk kegiatan Karang Taruna dari dana desa (DD) yang ada.

“Dana desa tidak hanya untuk membangun fisik atau infrastruktur. Kegiatan Karang Taruna misalnya, juga boleh menggunakan dana desa untuk kepentingan umum,” ujarnya.

Bahkan, pihaknya meminta pada kader Karang Taruna, bila pendanaan dipersulit oleh desa, segera laporkan. “Masyarakat desa atau pemuda di Karang Taruna juga mempunyai kewajiban melakukan kontrol demi mewujudkan kesejehteraan masyarakat,” tandasnya.(Putri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.