Hadiri Pelantikan Karang Taruna, Wabup Sumenep Titip Kesejehteraan Masyarakat

Avatar of PortalMadura.com
Wabup
Wabup Sumenep, Achmad Fauzi
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengemukakan, bahwa Karang Taruna yang merupakan organisasi kepemudaan yang dilindungi undang-undang harus mampu berkarya demi kesejehteraan masyarakat.

“Karang Taruna yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, maka tidak dibatasi untuk melakukan kerjasama dengan siapapun dan lembaga manapun demi tercapainya kesejehteraan masyarakat,” tegas Achmad Fauzi pada pelantikan Karang Taruna Paseban Agung Arya Wiraraja, Desa Juruan Laok, Batuputih, Sumenep, Kamis (29/12/2016).

Menurutnya, para kader Karang Taruna harus bisa melihat peluang dan potensi yang ada di Desa Juruan Laok, semisal kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

Baca Juga:  Tampil Pincang, Darun Najah dan Al Istikmal Lolos ke Babak 4 Besar

Diakui, selama menjabat Wakil Bupati Sumenep, baru pertama kali yang diundang secara khusus dalam kegiatan Karang Taruna. Untuk itu, politisi PDI Perjuangan ini, juga berpesan agar kader Karang Taruna ikut bertanggung jawab dalam masalah sosial kemasyarakatan.

“Ya, harus mampu mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial. Salah satunya, yang saat ini marak dan membahayakan kader bangsa adalah peredaran narkoba. Karang Taruna harus ambil bagian melakukan sosialisasi pada masyarakat,” tegasnya.

Dana

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi juga meminta kepada Kepala Desa agar menganggarkan secara khusus untuk kegiatan Karang Taruna dari dana desa (DD) yang ada.

“Dana desa tidak hanya untuk membangun fisik atau infrastruktur. Kegiatan Karang Taruna misalnya, juga boleh menggunakan dana desa untuk kepentingan umum,” ujarnya.

Baca Juga:  Curi Motor, Warga Kecer Dasuk Ditangkap Polisi Sumenep

Bahkan, pihaknya meminta pada kader Karang Taruna, bila pendanaan dipersulit oleh desa, segera laporkan. “Masyarakat desa atau pemuda di Karang Taruna juga mempunyai kewajiban melakukan kontrol demi mewujudkan kesejehteraan masyarakat,” tandasnya.(Putri/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.