Halwa, Hidangan Lebaran Warga Arab Sumenep Yang Bikin Ketagihan

Avatar of PortalMadura.Com
Halwa, Hidangan Lebaran Warga Arab Sumenep Yang Bikin Ketagihan
ist. net. Halwa

PortalMadura.Com, menjadi hidangan ciri khas warga di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, setiap perayaan lebaran Idul Fitri.

Kue berwarna kuning mirip dodol itu, rasanya manis dan ada telur didalamnya. Hem, tentu membuat ketagihan bagi penikmat kue yang satu ini.

“Kue Halwa itu memang ciri khas jamaah Arab. Mereka yang kaya, yang biasa-biasa maupun yang kurang mampu pasti menyajikan Halwa. Artinya, manis,” kata salah seorang warga Arab Sumenep, Alwiyah, pada PortalMadura.Com, Rabu (22/7/2015).

Ciri khas hidangan lainnya, sambungnya, juga ada sate, gule kambing, dan krengsengan. Bahkan, dilingkungan keluarga Rektor Unija Sumenep ini, pada buka puasa hari terakhir Ramadhan, sudah dipersiapkan hidangan dari kambing.

“Sudah menjadi kebiasaan keluarga dekat saya, melakukan buka puasa bareng pada hari terakhir Ramadhan. Sajiannya, ya ada kambing,” ujarnya.

Beberapa hidangan yang menjadi ciri khas itu, disajikan selama lebaran dan mereka saling kunjung untuk bersilaturrahmi, untuk saling memaafkan.

“Makna dari lebaran itu, tentu untuk saling memaafkan. Dan rasanya memang bahagia, bisa bertemu dengan teman-teman masa kecil, bisa dengan keluarga yang jauh, orang tua yang sepuh dan famili lainnya,” ucap Rektor cantik ini.

Pada zaman dahulu, katanya, silaturrahmi itu tidak hanya dilakukan pada momentum lebaran. Namun, karena dalam perkembangannya, banyak yang sibuk dengan urusan masing-masing, maka silaturrahmi dilakukan pada lebaran.

“Bersama ini, saya juga sampaikan mohon maaf lahir batin untuk semua pihak,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.