Hampir 200 KK di Sumenep Tunggu Penempatan Transmigrasi

Avatar of PortalMadura.com
Hampir 200 KK di Sumenep Tunggu Penempatan Transmigrasi
dok. Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja Sumenep, Chairul Saleh (Foto : Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mencatat, sejak beberapa tahun terakhir ini banyak warga yang antri untuk diberangkatkan sebagai transmigran. Namun jatah yang diberikan oleh pemerintah pusat hanya sedikit, sehingga tidak mampu menampungnya.

“Sejak tahun 2011, ada sekitar 200 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menunggu antrian guna diberangkatkan. Sebab, jatah yang diberikan hanya 5 KK setiap tahunnya,” kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sumenep, Chairul Saleh, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, pemerintah daerah tidak bisa menentukan berapa KK yang harus diberangkatkan ke daerah tujuan. Sebab, daerah hanya menerima jatah yang telah ditentukan pemerintah pusat. Selama dua tahun terakhir ini hanya 5 KK pertahunnya, padahal sebelumnya bisa sampai 15 KK dalam satu tahun.

“Kalau warga yang hendak jadi transmigran memang banyak, cuma yang menjadi kendala, selain jatahnya berkurang, juga calon transmigran itu tidak bisa memilih sendiri daerah tujuan sehingga sering terjadi gagal diberangkatkan,” ucapnya

Ia menegaskan, ada beberapa daerah yang menjadi tujuan transmigran di antaranya Sulawesi, Maluku dan Gorontalo. Sebelum diberangkatkan, calon transmigran diberi pembekalan terlebih dahulu sesuai daerah yang menjadi tujuannya.

“Selain itu, transmigran mendapatkan fasilitas, di antaranya mereka mendapatkan bantuan jaminan hidup selama satu tahun pertama itu,” tuturnya.

Selama ini, lanjutnya, transmigran yang telah diberangkatkan terlihat sukses menggarap lahan seluas 2 hektare yang diberikan pemerintah untuk digarapnya.

“Mereka kami pantau dan hasilnya mereka cukup antusias menggarap lahan yang diberikan itu. Mereka lebih sukses dibanding pada saat berada di Sumenep,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.