Hanya Gunakan Daun Pisang, Rasakan Kedahsyatan Khasiatnya

Avatar of PortalMadura.Com
Hanya Gunakan Daun Pisang, Rasakan Kedahsyatan Khasiatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Daun pisang merupakan jenis dedaunan hijau yang menempel pada pohon pisang. Daun ini biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pembungkus jajanan tradisional, menu makanan, maupun sebagai kebutuhan pada setiap acara adat. Tidak hanya itu, daun pisang kini sudah mulai digunakan pada masakan-masakan restoran sebagai alas suatu hidangan.

Berbagai tidak hanya untuk aneka sajian makanan saja melainkan juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Banyak orang yang tidak mengetahui akan kandungan polifenol yang terdapat pada daun pisang. Padahal daun hijau ini bisa menangani permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh kalangan masyarakat.

Lantas, apa saja manfaat daun pisang bagi kesehatan tubuh?. Berikut ini penjelasannya:

Mengatasi Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan memang biasa disebabkan oleh terdapatnya virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kondisi cuaca yang kurang menentu juga menjadi salah satu pemicu radang tenggorokan timbul. Namun Anda jangan khawatir, cukup dengan mengolah daun pisang, radang tenggorokan sudah bisa tertanggulangi secara efektif dan alami. Penyakit yang kerap menjadikan tubuh menjadi kurang nyaman ini pun bisa terusir dari dalam tubuh.

Cara mengolahnya juga mudah, yakni sediakan daun pisang secukupnya, kemudian jemur daun hijau ini hingga kering. Selanjutnya buatlah daun yang sudah dikeringkan tadi menjadi rebusan daun pisang dengan menggunakan air mendidih. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut secara rutin dan teratur, sehingga radang tenggorokan yang Anda alami bisa sembuh.

Mengobati Disentri
Terjadinya penyakit radang yang terdapat pada bagian usus, ditandai dengan darah pada tinta dengan lendir, atau dikenal dengan istilah penyakit disentri, memang sangat mengganggu bagi kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan daun pisang, Anda sudah bisa menjadikan obat alami dalam mengatasi penyakit ini. Karena daun ini mengandung zat alami yang mampu untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya mudah, Anda cukup mengunyah daun pisang KAPOK, kemudian telanlah getah pada daun yang sudah Anda kunyah tersebut.

Mengatasi Mimisan
Mimisan biasanya terjadi dikarenakan cuaca yang terlalu dingin atau hal lainnya. Jenis penyakit ini bisa diatasi dengan daun pisang. Caranya, letakkan daun pisang pada bagian lubang hidung sedikit saja, atau seperti halnya Anda meletakkan daun sirih pada saat mimisan. Daun pisang bisa dijadikan alternatif jika daun sirih tidak ada.

Mengatasi Keputihan
Umumnya, masalah keputihan biasa di alami oleh para kaum wanita yang disebabkan karena jamur. Sebagian wanita terkadang merasa resah dibuatnya, namun Anda jangan khawatir daun pisang bisa mengatasinya.

Caranya, rebus daun pisang terlebih dahulu lalu ambil air rebusan tersebut untuk kemudian digunakan sebagai pembersih pada bagian organ reproduksi wanita.

Mengobati Sakit Dada dan Redakan Batuk
Selain beberapa manfaat di atas daun pisang juga bisa menjadi obat alami bagi seseorang yang sering sakit dada dan batuk. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi alkohol, merokok, dan hal lainnya. Cara menggunakannya hampir sama dengan penyakit keputihan, Anda cukup merebus daun pisang kemudian diambil airnya. Minumlah secara rutin sampai gangguan batuk dan sakit dada bisa mereda.

Sebagai Ramuan untuk Obat Luka
Menyembuhkan luka ringan seperti disebabkan oleh gigitan nyamuk, terjatuh, goresan dan lainnya bisa di atasi dengan memanfaatkan daun pisang. Caranya mudah, buatlah daun pisang menjadi jus namun dengan sedikit air saja. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang terkena luka secara merata. Dengan demikian, luka yang Anda alami bisa sembuh seperti sedia kala.

Itulah beberapa manfaat daun pisang yang jarang orang ketahui. Selain terbebas dari bahan kimia Anda juga tidak perlu bayar obat yang mahal. Semoga bermanfaat. (arbamedia.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.