oleh

Hanya Perlu 4 Bahan, Ini Resep Bubble Pearl Anti Gagal

PortalMadura.Com – Minuman yang sekarang lagi banyak digemari oleh masyarakat khususnya kaum muda di Indonesia yaitu bubble tea (mutiara gelembung) atau pearl milk tea (Teh Susu Mutiara). Tahukah Anda, ternyata minuman ini berasal dari Negara Taiwan.

Minuman ini dikenal karena ada tambahan pearl atau bubble di dalamnya. Ia terbuat dari tepung tapioka yang kenyal sehingga memberikan sensasi unik saat meminumnya. Untuk mendapatkannya sangat mudah, ada banyak penjual minuman bubble tea yang bisa Anda temui di pasaran.

Tapi selain membelinya, Anda bisa membuat sendiri di rumah. Tentunya dengan bahan yang murah meriah. Berikut cara membuat bubble pearl sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (7/1/2021) dari laman Idntimes.com.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

2 cup tepung tapioka
1/2 cup gula merah
2/3 cup air (untuk adonan)
1 liter air (untuk merebus)

Cara Membuat

Langkah pertama, panaskan air dan gula merah terlebih dahulu, pastikan gula mencair seluruhnya. Setelah mendidih, kecilkan api, tuang tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk rata, pindahkan adonan ke atas permukaan datar atau kneading board.

Setelah itu, uleni hingga tekstur menjadi lembut dan sedikit lengket. Lalu, potong adonan menjadi 9 bagian. Bentuk silinder memanjang masing-masing bagian adonan dengan diameter sesuai keinginan. Potong kecil-kecil dengan ukuran sama besar.

Selanjutnya, bentuk bulatan-bulatan kecil menyerupai mutiara, sisihkan dalam mangkuk yang sudah berisi tepung tapioka. Lakukan hingga seluruh adonan habis. Didihkan seliter air dalam panci, kemudian masukkan bola-bola tapioka ke dalamnya sambil terus diaduk.

Kemudian, kecilkan api menjadi sedang, lalu masak selama kurang lebih 30 menit hingga semua pearl matang. Jika dirasa sudah matang, matikan api dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir, saring dan bersihkan dalam air mengalir.

Tips yang Perlu Anda Perhatikan

Untuk mencegah tekstur menggumpal, Anda bisa mengganti urutannya. Siapkan tepung tapioka di dalam wadah, tuangkan air yang masih mendidih. Setelah diaduk hingga tercampur seluruhnya, diamkan adonan agar sedikit dingin, baru diuleni sampai kalis.

Saat proses membentuk adonan jadi silinder hingga ke bentuk mutiara mungkin akan butuh waktu lama. Anda bisa oleskan sedikit air ke permukaan adonan yang mulai mengering. Bisa juga meletakkan sisa adonan yang belum dibentuk ke dalam mangkuk, lalu menutupinya dengan kain.

Adonan mutiara yang belum direbus matang bisa Anda simpan dalam wadah tertutup rapat dan masukan ke dalam freezer. Homemade pearl ini baiknya dihabiskan dalam 5-7 hari. Selesai, Anda sudah bisa menikmatinya bersama kesayangan Anda.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar