oleh

Harga Elpiji 3 Kg Tembus Rp25 Ribu di Madura

PortalMadura.Com, Sampang – Harga Elpiji 3 kilogram bersubsidi di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tembus hingga Rp 25 ribu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sampang, Wahyu Prihartono menyampaikan, harga elpiji 3 kilogram bersubsidi mengalami kenaikan sejak usai hari raya Idul Adha hingga bulan September 2018.

“Dari harga Rp 17 ribu menjadi Rp 25 ribu per tabung,” terangnya via telepon, Kamis (20/9/2018).

Naiknya harga Elpiji 3 kilogram bersubsidi itu, diakui akibat kelangkaan dan lambatnya pasokan barang dari distributor.

“Selama ini, memang pasokan elpiji dari distributor masih kurang, sehingga berdampak terhadap harga,” ujarnya.

Menurut Wahyu, harga elpiji 3 kilogram yang naik sampai Rp 25 ribu terjadi di wilayah Pantai Utara (Pantura), yaitu di Kecamatan Ketapang Sampang.

“Saya menerima laporan dari teman-teman petugas dari hasil pengecekan mulai dari distributor sampai pengecer elpiji. Jika kenaikan harga tersebut, terjadi di wilayah Kecamatan Ketapang,” jelasnya.

Langkah untuk mengembalikan harga pada kondisi normal, pihaknya berjanji akan melakukan koordinasi terus dengan pihak Pertamina, termasuk melaporkan di mana saja yang sering terjadi kelangkaan Elpiji.

“Kadang masyarakat ada yang kesulitan mendapat stok Elpiji. Misal, saat musim haji masyarakat banyak yang mencari elpiji,” pungkasnya. (Rafi/Desy)