oleh

Harga Garam Tak Stabil, Gerpas Demo Disperindag Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 13 orang aktifis Gerakan Pemuda Garam Sumenep (Gerpas) menggelar aksi unjuk rasa ke Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, Senin (29/9/2014).

Mereka menuntut agar pihak Disperindag melakukan pengawasan ketat terhadap garam rakyat yang selalu dipermainkan oleh para pengusaha. “Harga garam rakyat itu anjlok, tapi tidak ada pengawasan sama sekali dari Disperindag,” tudingnya.

Menurutnya, kualitas garam rakyat dianggapnya sama, sehingga tidak ada tingkatan kualitas. “Istilah dipemerintah kan ada kualitas (Kw 1), Kw2 dan seterusnya, tapi di petani semuanya dianggap sama. Dampaknya, harga garam anjlok,” ujarnya.

Yang mengetahui kualitas garam, sambungnya, adalah Disperindag. Tapi, sampai saat ini tidak ada pengawasan maupun patokan kualitas. “Ketika tidak ada pengawasan, petani garam yang rugi,” tandasnya.

Para demontrans membawa berbagaimacam poster bertuliskan kecaman dan mengancam bakal melakukan aksi besar-besaran bila tidak ada respon positif dari pihak pemerintah. “Kami tunggu satu pekan kedepan. Jika tidak ada reaksi dari pemerintah, akan turun lagi dengan massa yang lebih besar,” pungkasnya.

Puas berorasi, mereka diterima oleh pihak Disperindag untuk melakukan dialog.(htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.