oleh

Hari Buku, RuAs Pemuda Ajak Warga Sumenep Membaca 30 Menit

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengurus Rumah Aspirasi Pemuda Kabupaten Sumenep (RuAs), Madura, Jawa Timur mengajak warga untuk membaca buku selama 30 menit pada hari buku se-Dunia yang jatuh tanggal 23 April.

Bertempat di areal Taman Adipura, mereka membagikan beberapa buku kepada pelajar dan mahasiswa untuk membaca sembari satu orang dari RuAs menggelar orasi tunggal tentang arti pentingnya membaca sambil membentangkan poster bertuliskan ajakan untuk membaca buku.

Direktur Rumah Aspirasi Pemuda, Ahmad Zainullah mengungkapkan, aksi ini dalam rangka mengingatkan warga Sumenep agar membaca. Menurutnya, tak banyak masyarakat yang mengetahui jika tanggal 23 April adalah peringatan Hari Buku Se-Dunia.

“Aksi ini bisa mengingatkan masyarakat untuk lebih menghargai buku sebagai jendela informasi,” katanya.

Loading...

Saat ini, kegiatan membaca buku mulai ditinggalkan oleh masyarakat, baik yang muda maupun tua. “Aksi yang kami lakukan, ingin mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk membaca 30 menit saja, adalah salah satu cara untuk mengingatkan mereka,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi, aksi yang dilakukan oleh RuAs Pemuda juga mengajak para pemilik toko buku, taman bacaan, dan pemerintah daerah untuk ikut memikirkan strategi membangkitkan minat baca masyarakat.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia salah satunya bisa ditingkatkan melalui membaca,” tandasnya.

Salah satu pengunjung Taman Adipura, Ana (23), mengaku apresiasi dengan gerakan Rumah Aspirasi Pemuda.

“Sebab kami bisa ingat bahwa hari ini adalah hari buku. Terimakasih telah mengingatkan kami tentang membaca,” katanya.(rls/har)



Komentar