Hari Jadi ke-748, Begini Gambaran Prosesi Arya Wiraraja Sumenep

22829660 295912350908693 996010078762747707 o
Topeng Sumenep (Istimewa)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke-748 akan menampilkan prosesi Arya Wiraraja di depan Masjid Jamik Keraton Sumenep, Jalan Trunojoyo, Minggu (29/10/2017) pagi.

Budayawan Madura di Sumenep, Edi Setiawan menggambarkan, bahwa prosesi itu, yakni pelantikan Adipati I Sumenep Arya Wiraraja oleh Prabu Kertanegara tepatnya pada tanggal 31 Oktober tahun 1269, yang merupakan tonggak berdirinya Kabupaten Sumenep.

“Bagaimana warga Sumenep mempersiapkan pelantikan untuk menyambut kedatangan rombongan Arya Wiraraja bersama permaisurinya, proses pelantikan hingga menjadi raja Sumenep. Disitu juga ada pesta rakyat Sumenep dengan kepemimpinan Arya Wiraraja yang arif dan bijaksana akan tergambar,” terang Edi Setiawan, Sabtu (28/10/2017).

“Kemudian akan dilanjutkan dengan drama musikal Anggosuto Mutiara Dari Timur yang mengisahkan akulturasi budaya Bali dan Sumenep dalam proses penemuan garam,” tambah Edi di tengah kesibukan geladi bersih Prosesi Arya Wiraraja Sumenep di depan Masjid Jamik Keraton Sumenep, pada PortalMadura.Com.

Di akhir pagelaran akan ditampilkan tari topeng kolosal. Tarian tersebut sudah tampil hingga ke Eropa, Amerika dan Jepang. Dan nantinya para penari akan membentuk formasi 748. “Selama ini ada anggapan bahwa musik keraton merupakan khas Jawa. Nah, besok ini kita tampilkan musik kolaborasi antara klasik dan modern,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto menjelaskan, drama musikal Angasuto tersebut di dukung oleh DCPER PLAT M bersama Universitas Wiraraja Sumenep, STKIP PGI Sumenep, Universitas Surabaya, SMAN I Sumenep, dan SMPN I Kalianget. Dan tari topeng sendiri dari sanggar tari Tingker Bell Kecamatan Rubaru, Sumenep.

“Juga ada proses pemukulan kentongan oleh pihak Kementerian Pariwisata yang didampingi Bupati Sumenep, A Busyro Karim sebagai tanda dimulainya pawai budaya Hari Jadi Sumenep yang ke-748,” katanya.

Salah satu musik yang akan mengiringi prosesi Arya Wiraraja Sumenep 2017.

https://www.youtube.com/watch?v=pDXKq5jF228

Undangan yang dijadwalkan hadir, antara lain, Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Dra. Esthy Reko Astuti, MSi, Sultan Sepuh IV Kesultanan Kesepuhan Cirebon, selaku Ketua Umum FSKN yakni Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, SE, Sekretaris Daerah Prov. Jatim Ahmad Sukardi, dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep. (Hartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.