Hasil Investigasi LAPAN, Benda Yang Jatuh di Sumenep Bagian Roket Falcon 9

Avatar of PortalMadura.Com
TIM LAPAN di Sumenep
TIM LAPAN di Sumenep

PortalMadura.Com, – Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan jika benda yang jatuh di lima titik di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bagian dari .

“Kami memperkirakan benda yang jatuh di Sumenep ini bangian dari Roket Falcon 9, karena lintasan yang berdekatan dengan jatuhnya benda tersebut adalah lintasan Roket Falcon 9 yang diluncurkan dari Amerika pada tanggal 14 Agustus 20016 lalu,” kata Rhorom Priyatikanto, selaku Peneliti Bidang Astronomi dan Astrofisika Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rabu (28/9/2016).

Ia menjelaskan, Roket Falcon 9 digunakan untuk meluncurkan satelit komonikasi milik Negara Jepang pada tanggal 14 Agustus 2016 yang lalu diluncurkan dari Amerika.

“Setelah meluncurkannya, roket bagian atas akan melayang-layang mengelilingi bumi beberapa kali, kemudian karena hambatan atmusfir maka dimungkinkan akan rawan jatuh,” ujarnya.

Menurut ahli roket yang ada di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), tiga drum hitam tersebut kemungkinan besar tangki helium, helium tersebut digunanan sebagai sistem pendingin roket.

“Tetapi masih perlu didalami, karena dari masih belum ada komunikasi langsung dengan otoritas Roket Falcon 9,” pungkasnya. (Bahri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.